Politik Pemerintahan

PKB: Belanja Tak Terduga Bisa untuk Bayar Honor Petugas Pemakaman Covid-19

Pemakaman dengan protokol Covid-19 di Jember. [foto: Humas PMI]

Jember (beritajatim.com) – Partai Kebangkitan Bangsa mengusulkan agar belanja tidak terduga (BTT) digunakan salah satunya untuk membayar honor insentif petugas pemakaman protokol Covid-19.

“Saya sampaikan kepada Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi yang berasal dari PKB agar masalah honor segera diselesaikan,” kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang PKB Jember Ayub Junaidi.

Menurut Ayub, penggunaan BTT merupakan solusi setelah ada informasi bahwa honor dan insentif petugas pemakaman Covid tak teranggarkan secara menyeluruh dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jember 2021. APBD Jember sendiri baru resmi dilaksanakan pada 1 Mei 2021.

Jika memang benar tak teranggarkan, Ayub menilai itu sebuah kesalahan. “Seharusnya belanja rutin dianggarkan dan sudah ada antisipasi. Covid kan tidak tahu kapan selesainya. Supaya ini tak bertele-tele, saya mohon kepada bupati agar menggunakan BTT untuk melunasi honor relawan yang belum terbayarkan. Itu diperbolehkan karena untuk penananganan Covid,” kata Ayub.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jember Muhammad Djamil mengatakan, honor untuk petugas pemakaman tersebut belum didistribusikan karena ada mekanismenya. “Tidak ada yang ditutup-tutupi,” katanya.

Djamil mengatakan sebenarnya tidak ada persoalan. “Cuma dipersoalkan. Itu harus diselesaikan bukan dipersoalkan. Ini nanti kalau SPJ (Surar Pertanggungjawaban)-nya sudah selesai, kemudian diterimakan, selesai,” katanya. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar