Politik Pemerintahan

PKB Bagikan Beras ke Pengemudi Ojek dan Tukang Becak di Jember

Jember (beritajatim.com) – Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Jember, Jawa Timur, membagikan beras kepada pengemudi ojek dan tukang becak, Sabtu (11/4/2020). Aksi pembagian ini sebagai bagian dari solidaritas menghadapi wabah Covid-19.

“Mulai kemarin, kami punya stok tiga ton beras. Tahap pertama disalurkan di beberapa tempat oleh teman-teman Gerakan Pemuda Ansor dan Banser. Hari ini kami salurkan ke teman-teman pengemudi ojek online dan tukang becak yang sangat terdampak situasi Covid-19 ini,” kata Sekretaris DPC PKB Jember Ayub Junaidi.

DPC PKB Jember menginstruksikan kepada fraksi di DPRD untuk ikut menyumbangkan bahan kebutuhan pokok. “Beban dampak Covid-19 ini tidak terlalu berat kalau di tempat masing-masing ‘menggendong’ tetangga yang tidak mampu,” kata Ayub.

Dampak Covid-19 mulai terasa terhadap perekonomian di Jember. “Kalau dulu kami bisa bawa pulang Rp 100 ribu per hari bahkan lebih. Sekarang Rp 20-25 ribu sehari,” kata Ketua Paguyuban Ojek Online Pendowo Dedi Kristian Alamanda.

Para pengemudi ojek online tetap bertahan dan beroperasi walau jumlah penumpang turun sangat drastis. “Kami hanya mengandalkan order Go Food dan Go Send,” kata Dedi.

Ayub mengatakan, jika kondisi ini terus terjadi maka akan memunculkan efek domino. Ia khawatir banyak terjadi pemutusan hubungan kerja. “Semoga situasi Covid-19 ini tidak terlalu lama. Kalau terlalu lama, ini akan lebih parah dari krisis moneter tahun 1997. Saat itu hanya krisis moneter, saat ini ditambahi masalah kesehatan, Itu yang paling berbahaya,” katanya. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar