Politik Pemerintahan

PKB Akhirnya Rekomendasikan Salam-Ifan untuk Pilkada Jember

Dari kiri ke kanan: Ifan Ariadna, Abdus Salam, Syaiful Bahri Anshori, Ayub Junaidi

Jember (beritajatim.com) – Partai Kebangkitan Bangsa akhirnya merekomendasikan Abdus Salam dan Ifan Ariadna Wijaya untuk menjadi calon bupati dan wakil bupati, dalam pemilihan kepala daerah di Kabupaten Jember, Jawa Timur tahun ini.

Rekomendasi dan formulir B1-KWK diserahkan Ketua Dewan Pimpinan Cabang PKB Jember Syaiful Bahri Anshori dan Sekretaris Ayub Junaidi kepad Salam dan Ifan, di kantor partai itu, Jumat (4/9/2020) malam. “Surat sudah keluar per tanggal 1 September 2020,” kata Ayub.

Surat baru bisa diserahkan saat ini, karena Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKB Jatim Abdul Halim Iskandar baru sempat menyerahkan langsung kepada DPC hari ini. “Beliau sibuk. Ketua DPW kan juga seorang menteri. Surat itu kan harus diserahkan langsung,” kata Ayub.

Kenapa lebih memilih Salam-Ifan? “Pertama, komunikasi Ifan dengan para kiai sudah terjalin lama,” kata Ayub. Selain itu, PKB dan PDI Perjuangan ingin berjuang bersama kelompok yang lain untuk menghadapi kelompok-kelompok yang ingin mengganti ideologi Pancasila.

“Gagasan koalisi PKB dan PDI Perjuangan ini sejak lama. Gerakan nasionalis relijius ini betul-betul menjadi kerangka kebersamaan untuk membangun Jember. Alhamdulillah, PKB dan PDIP sama, termasuk dengan partai lain termasuk PAN, Perindo, Berkarya, dan Golkar,” kata Ayub.

Ayub membenarkan jika ada keinginan ideal untuk menggabungkan semua partai dalam koalisi besar yang mengusung satu pasang calon. “Tapi kan realitas politik berbeda. Ya sudah, karena demokrasi, kami hormati keputusan teman-teman. Yang penting perubahan bisa segera terjadi,” katanya.

Lagi pula, menurut Ayub, setelah dikalkulasi, kemenangan atas petahana tak tergantung pada jumlah calon penantang. “Tidak harus head-to-head. Saya lihat dari kalkulasi yang ada, bagus juga kalau ada tiga pasang calon,” katanya.

Ayub percaya diri bakal memenangi pilkada Jember. “Hasil survei internal kami menunjukkan elektabiltras petahana semakin terjun bebas, dan elektabilitas calon yang kami gadang semakin naik,” katanya. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar