Politik Pemerintahan

Pemilihan Bupati Jember

PKB akan Bentuk Kaukus dengan PPP dan Koalisi Nasionalis dengan PDIP

Sekretaris DPC PKB Jember Ayub Junaidi

Jember (beritajatim.com) – Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Jember, Jawa Timur, segera berkomunikasi dengan Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan terkait pencalonan bupati dan wakil bupati dalam pemilihan tahun ini.

“Dalam waktu dekat saya akan bertemu dengan Gus Mamak (Ketua DPC PPP Jember Madini Farouq) di kantor Pengurus Cabang NU Jember. Kami janjian agar kita membuka kaukus NU. Mumpung masih zero, ayo bareng-bareng kita kerucutkan satu calon yang betul-betul top,” kata Sekretaris DPC PKB Jember Ayub Junaidi, Selasa (24/3/2020).

Namun PKB tak hanya membuka pintu komunikasi dengan PPP. “Dengan PDI Perjuangan, dengan Mas Arif (Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDIP Jember Arif Wibowo) saya komunikasi terus. Kalau Mas Arif jelas: nasionalis-NU. Garisnya begitu. Itu yang kami kejar,” kata Ayub.

“Dan di level atas nanti DPP (Dewan Pimpinan Pusat) PKB akan berkomunikasi dengan seluruh DPP partai lain. Yang penting bagaimana saya membuka komunikasi partai di tingkat bawah,” tambah Ayub. Ada sebelas partai yang memiliki kursi di DPRD Jember dan berhak mencalonkan bupati jika berkoalisi.

“Insya Allah, April ada satu dua nama (calon bupati) yang dikerucutkan,” kata Ayub. Jika nanti saat kesepakatan dengan semua partai mengharuskan tidak bergandengan dengannya, mantan legislator DPRD Jember tidak mempersoalkan dan akan berbesar hati. Namun hal terpenting adalah harus ada kader NU yang menduduki posisi calon bupati atau wakil bupati.

Ayub mengatakan, keputusan ada pada Dewan Pimpinan Pusat PKB. DPC PKB Jember hanya menyampaikan nama-nama yang layak untuk direkomendasikan. “Kami pasti berbasis pada data survei,” katanya.

PKB Jember kembali bergerak mencari calon bupati, setelah resmi mengusulkan pembatalan rekomendasi calon bupati untuk Djoko Susanto. Djoko dinilai tidak mematuhi kesepakatan politik awal. Namun kubu Djoko sendiri bersikukuh bahwa tak ada pencabutan rekomendasi. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar