Politik Pemerintahan

Cegah Penyebaran Covid-19

Pj. Bupati Sidoarjo: Tracing Pada PPKM Mikro Harus Lebih Optimal

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pelaksanaan PPKM mikro secara mandiri yang dilakukan warga Perumahan Taman Wisata Tropodo dikunjungi Komandan Korem 084 Bhaskara Jaya Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo serta Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono dan Dandim 0816 Sidoarjo Letkol. Inf. Muhammad Iswan Nusi Sabtu (13/2/2021).

Mereka ingin melihat langsung bagaimana penerapan PPKM mikro yang dilakukan atas inisiasi warga perumahan itu sendiri. Mulai dari unsur TNI, Polri serta Linmas dan pengurus RW di perumahan tersebut dilibatkan dalam menjalankan PPKM mikro yang dikomandoi Kodim 0816 Sidoarjo tersebut.

Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono mengatakan PPKM skala mikro akan sangat efektif dalam menekan penyebaran Covid-19 apabila berjalan dengan benar. Mulai dari pelaksanaan testing, tracing dan treatment/3T harus benar-benar dipahami.

Satgas Covid-19 desa harus tahu betul prosedur menjalankan PPKM mikro ditempatnya. Seperti yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 Desa Tropodo Kecamatan Waru yang membentuk pos PPKM mikro secara mandiri di RW 12 Perumahan Taman Wisata Tropodo.

Pj. Bupati melihat masih ada kekurangan dalam menjalankan PPKM mikro kali ini. Meski begitu disebutkan penerapannya sudah cukup baik. Mulai dari dilakukan rapid tes antigen kepada warga sampai penyediaan ruang isolasi bagi warga yang terpapar Covid-19.

Hudiyono menyebutkan pemahaman tentang tracing masih kurang pada PPKM skala mikro ditingkat RW kali ini. Dirinya mengatakan tracing harus efektif untuk mencegah penularan Covid-19.

Semisal terdapat satu orang terpapar Covid-19, harus ada tujuh orang yang seharusnya di rapid tes. “PPKM skala mikro ini kalau berjalan saya kira akan efektif menurunkan kasus Covid-19,” ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa pelaksanaan PPKM skala mikro merupakan strategi yang bagus dalam menghentikan pandemi Covid-19. Masyarakat diajak untuk tahu bagaimana mencegah dan menangani penyebaran Covid-19 yang terjadi diwilayahnya sendiri.

“Orang-orang RT harus paham apa itu tracing, apa itu testing apa itu treatment, kalau itu paham saya kira kampung ini benar-benar tangguh,” imbuhnya.

Komandan Korem 084 Bhaskara Jaya Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo mengatakan dukungan TNI tidak akan berhenti untuk menghentikan pandemi Covid-19. TNI akan selalu bersama masyarakat, bersinergi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Dukungan TNI dalam kegiatan PPKM skala mikro akan terus menerus, tidak akan berhenti,” tandasnya.

Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo menilai PPKM skala mikro yang dilakukan mandiri kali ini sudah cukup bagus. Upaya pencegahan penularan Covid-19 sudah dilakukan warga perumahan tersebut. Penanganan sosial kepada warga yang terpapar Covid-19 juga sudah cukup baik. Mulai dari penyediaan ruang isolasi maupun pemberian makanan sebagai tambahan gizi kepada warga yang diisolasi.

“Yang disini sudah cukup bagus, kepedulian masyarakatnya, upaya menyiapkan ruang isolasi dan pemberian tambahan gizi kepada saudaranya itu sudah terbukti ada disini,” tambahnya menutup. (isa/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar