Politik Pemerintahan

Pj Bupati Sidoarjo Tebar 1.000 Benih Ikan Nila di Sungai Sebelah Barat Pendopo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono menebar 1.000 ikan Nila warna kuning dan merah di saluran sebelah barat Pendopo Delta Wibawa, Jumat (22/1/2021) pagi. Ikan-ikan sebesar tiga jari berjajar itu ditabur buat para warga yang ingin berwisata atau rekreasi di sekitar Alun-alun Sidoarjo atau Pendopo Kabupaten Sidoarjo.

“Boleh dipancing, asalkan yang memancing ikan, bersedia menjaga kebersihan saluran yang ada. Jika terdapat sesuatu yang membuat kotor, harus bersedia mengemasi atau memungut sampah atau kotoran yang ada. Bisa jadi berupa daun, plastik atau lainnya. Jika menjumpahi, harus dibersihkan dan dipersilahkan mancing secara gratis,” kata Hudiyono.

Hudiyono menambahkan, warga diajak menjaga lingkungan, memunguti sampah atau kotoran yang dijumpahi di daratan dan sungai, sebagai hal edukasi untuk mengajak masyarakat berperilaku sehat.

“Menjaga kebersihan itu harus agar hidup kita selalu sehat. Syarat yang ada agar bisa memancing secara gratis, tak lain untuk selalu menjaga kebersihan saluran, sungai dan lainnya,” imbuhnya menambahkan.

Cak Hud sapaan akrab Pj Bupati Sidoarjo itu juga berterimakasih kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sidoarjo HM Bahcruni Aryawan yang telah antusias mengerjakan dan membersihkan saluran air di sekitar pendopo untuk ditebari ribuan ikan hanya dalam waktu seminggu. “Ini sebagai percontohan untuk mengelola sungai yang bersih dan bermanfaat untuk wahana kolam pancing,” tukasnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, Ir HM Bahcruni Aryawan, MM akan terus menjaga sungai tersebut dan merawatnya agar air tetap stabil di musim kemarau dengan menggunakan pompa air.

Ia juga akan berkomitmen untuk mengembangkan pemeliharaan sungai di wilayah Sidoarjo untuk ditebari ikan. “Dengan adanya ikan-ikan seperti ini, masyarakat akan lebih gampang diajak untuk menjaga kebersihan sungai. Hal ini juga akan digalakkan di kecamatan -kecamatan yang ada,” tandasnya. (isa/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Coba Yuk, Snack Berlumur Saus Hummus

Rela Tinggalkan Dokter Spesialis

Ngobrol dengan Komunitas Berbagi di Surabaya