Politik Pemerintahan

Pj Bupati Sidoarjo Sidak Pengerjaan Peningkatan Jalan di Dua Kecamatan

Sidoarjo (beritajatim.com) – Mulai hari libur panjang dimanfaatkan Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono sidak ke dua kecamatan yang mana jalan aspal banyak rusak dan berlubang dan juga pengerjaan peningkatan jalan.

Seperti jalan berlubang di kawasan Kwangsan Kecamatan Sedati dan perempatan Damarsi Kecamatan Buduran yang belum dilakukan perbaikan. Untuk jalan Desa Damarsih sudah dilakukan pengecoran diperkirakan pertengahan Desember 2020 sudah selesei.

Di lokasi sidak, Hudiyono langsung menemui warga sekitar jalan rusak maupun lokasi proyek pengerjaan peningkatan jalan. Hudiyono mendengarkan langsung keluhan maupun aspirasi warg sekitar. “Sidak kami lakukan karena banyak keluhan masuk. Mulai dari warga sendiri, media massa maupun media sosial,” katanya Kamis (29/10/2020).

Dia menambahkan, jalan berlubang yang ada, jika tak segera dilakukan perbaikan, misalkan ditambal dengan aspal sesuai standart yang ada, maka akan membahayakan masyarakat atau pengguna jalan.

Lubang jalan itu memang berbahaya. Bisa mengakibatkan pengguna jalan jatuh jika terperosok. Apalagi saat malam, atau ketika lubang tertutup air setelah hujan.

“Kami perintahkan camat bertindak cepat. Jangka pendek, secepatnya jalan ditambal. Karena di kecamatan tidak ada stok aspal, kami minta koordinasi dengan Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air (PU BMSDA). Di sana ada stok aspal. Bisa dipakai,” terang pejabat yang akrap disapa Cak Hud itu.

Bukan hanya untuk Camat Sedati. Perintah ini juga berlaku bagi semua camat di Sidoarjo. Jalan lubang di wilayahnya masing-masing diminta cepat ditambal. Aspalnya dari Pemkab Sidoarjo.

Untuk jangka panjang, lanjut Cak Hud, sejumlah ruas jalan bakal dibangun, ditingkatkan dengan cara dibeton, aspal, atau pavingisasi.

Hudiyono juga sempat mendatangi jalan di kawasan Kalanganyar, Sedati. Jalan itu sebelumnya rusak parah, banyak dikeluhkan masyarakat. “Saat ini sudah ditambal, diperbaiki yang lubang. Kami juga sudah mengajukan DAK untuk pembangunan jalan ini,” tukasnya usai melihat beberapa titik jalan yang sudah ditambal aspal di Kalanganyar.

Sebelum menuju perjalanan balik ke Pendopo Delta Wibawa, Hudiyono juga melihat langsung proses pengecoran di Jalan Damarsi.

Di lokasi Hudiyono melihat ratusan meter jalan yang sudah dibeton. Dia juga melihat proyek pengerjaan jalan yang masih dalam proses pemasangan besi, serta pemasangan box culvert di samping kanan-kiri jalan. “Pengecoran di sini totalnya 900 meter panjang, lebarnya 8 meter. Ketebalan beton sekira 20 cm,” kata seorang pekerja di sela kesibukannya

Cak Hud juga bersyukur Jalan Damarsih yang kerap viral sampai di tanami pisang, akhirnya tahun anggaran ini pembangunannya bisa ditingkatkan menjadi cor. “Warga terlihat senang, kami juga bersyukur jalan Damarsi yang langganan rusak, sekarang sudah tidak lagi. Sudah proses pengecoran, dan pasti akan segera selesai,” pungkasnya. (isa/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar