Politik Pemerintahan

Pj Bupati Sidoarjo Larang ASN Pakai Mobil Dinas saat Libur Panjang

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono tidak memperkenankan seluruh ASN Pemkab Sidoarjo menggunakan mobil dinas atau plat merah untuk kepentingan libur panjang.

Karena mobil tersebut merupakan mobil dinas dan dibiayai operasionalnya oleh anggaran negara. “Jadi jangan sampai digunakan untuk keperluan pribadi,” katanya, Selasa (27/10/2020).

Bahkan ia melarang seluruh pegawai ASN Kabupaten Sidoarjo bepergian luar kota. Karena sekarang ini masih pandemi Covid-19.

Hudiyono menambahkan, meski ada libur panjang, seyogjanya ASN tidak secara otomatis libur dan tidak mengerjakan apa-apa jika memang masih ada tanggungan.

“Bagaimana suasana hari libur tetap dinikmati dan tugas yang diseleseikan pada pekerjaan rumah, juga terseleseikan dengan baik,” anjurnya.

Hudiyono mengingatkan, daya serap untuk anggaran semua organisasi perangkat daerah (OPD) masih rata-rata kisaran sekitar 58 %. Artiinya masih ada tanggungan 42% yang belum dikerjakan.

“Sementara waktu serap anggaran tahun ini tinggal beberapa pekan saja. Paling
tidak setiap OPD harus mengerjakan diantara kekurangan itu beberapa persen, jangan sampai tidak bekerja saama sekali. Ingat, tahun sebelumnya silpa yang ada lebih dari Rp 1,3 triliyun,” paparnya.

Masih kata Hudiyono, kalau sampai tingkat silpa itu nilainya besar, berarti ada yang belum di kerjakan. “Terus selama ini apa saja yang dikerjakan. Pasti akan mendapatkan penilaian masyarakat kalau kerja ASN seperti itu (dayaa serap anggaran kurang atau rendah),” jelasnya. [isa/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar