Politik Pemerintahan

Pj. Bupati Sidoarjo Lantik 324 Pejabat Fungsional

Sidoarjo (beritajatim.com) – Sebanyak 324 pejabat fungsional Pemkab Sidoarjo dilantik oleh PJ Bupati Sidoarjo Dr. Hudiyono, M.Si. Kamis (17/12/2020). Prosesi pelantikan digelar berbeda karena situasi pandemi Covid-19.

Pelantikan dan pengambilan sumpahnya tidak dilaksanakan di satu tempat, seperti tahun sebelumnya. Pelantikan digelar di tiga lokasi, yakni Pendopo Delta Wibawa (94 orang ), Aula SMPN 4 Sidoarjo (152 orang) Sidoarjo dan Aula BKD Kab. sidoarjo ( 84 orang ). Prosesi pelantikan terpusat di Pendapa Delta Wibawa.

Pelantikan di Pendopo Delta Wibawa menerapkan physical dan social distancing. Para pejabat fungsional yang dilantik dari unsur Tenaga Kependidikan 164 orang dan 74 orang Tenaga Kesehatan, 86 orang Tenaga Teknis.

“Dengan sumpah janji yang baru saja diucapkan berarti Saudara sudah terikat janji kontrak sosial baik itu sebagai abdi negara maupun sebagai abdi masyarakat,” kata Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono.

Ia menegaskan, pejabat fungsional bertanggung jawab langsung kepada pejabat tinggi pratama. “Pejabat fungsional juga dituntut untuk menjalankan tugasnya secara mandiri, dan terukur, dengan rutin melakukan penghitungan rutin dan pengakumulasi setiap butir-butir kegiatan dalam bentuk angka kredit,” papar Cak Hud sapaan akrap Hudiyono.

Cak Hud juga berharap kepada seluruh ASN untuk menunjukan loyalitasnya dalam bekerja. Membantu pimpinannya dalam menyelesaikan pekerjaan harus ditunjukkan.

Dirinya berpesan jangan sampai ogah-ogahan dalam membantu menjalankan pekerjaan. Hudiyono mengatakan memperkecil Silpa menjadi pekerjaan rumah. Tahun lalu Silpa Sidoarjo mencapai angka Rp. 1.3 triliun.

Diharapkan Silpa tahun ini dapat diperkecil. Untuk itu Pj Bupati meminta para ASN terus memacu semangatnya dalam bekerja dan bekarya. Tugas dan tanggung jawab sebagai seorang ASN diharapkan dilakukan secara profesional, Integritas dan Amanah.

Cak Hud juga berterima kasih kepada seluruh ASN di Kabupaten Sidoarjo yang telah mendukung atas suksesnya Pilkada 9 Desember kemarin. Selanjutnya meminta para ASN untuk berpartisipasi mensukseskan pesta demokrasi Pilkades tanggal 20 Desember 2020. Menciptakan suasana damai dan kondusif harus dilakukan. Dirinya juga mengingatkan agar para ASN menjunjung tinggi netralitas pada pelaksanaan Pilkades nanti.

Kepala BKD Kabupaten Sidoarjo Ridho Prasetyo mengatakan penyerahan petikan SK Pelantikan dan Sumpah/Janji Pejabat Fungsional dengan Jumlah seluruhnya yang menerima sebanyak 324 orang PNS.

Namun penyerahannya dilakukan di tiga tempat. Hal tersebut untuk menjaga protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Para PNS yang menerima SK tersebut adalah para tenaga pendidikan, tenaga kesehatan serta tenaga teknis.

Lanjut dia, ada 164 tenaga pendidikan yang menerima SK. Sedangkan dari tenaga kesehatan sebanyak 74 orang dan tenaga teknis 86 orang.

Ridho juga meminta kepada para PNS yang telah dilantik dan sumpah/janji untuk lebih memperhatikan kinerjanya. “Kinerja sebagai pelayan publik harus dapat ditingkatkan. Inovasi-inovasi harus dapat dilakukan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan,” pungkasnya. (isa/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar