Politik Pemerintahan

Pj Bupati Sidoarjo Apresiasi PPKM Mikro di Perumahan Taman Pondok Jati

Sidoarjo (beritajatim.com) – Warga perumahan Taman Pondok Jati, Kecamatan Taman, sadar bahaya Covid-19 yang masih mengancam. Warga perumahan tersebut berharap tempat tinggalnya bebas dari Covid-19.

Atas dasar itu, masyarakat perumahan setempat sepakat menerapkan PPKM skala mikro di tempat tinggalnya. Pemeriksaan rapid test antigen dilakukan kepada seluruh warga RW 4 yang tinggal di perumahan tersebut.

Pelaksanaan PPKM skala mikro di perumahan tersebut mendapat kunjungan Pj. Bupati Sidoarjo Hudiyono serta Kapolresta Sidoarjo Kombes.Pol Sumardji, Jumat (12/2/2021).

Pj. Bupati Sidoarjo mengapresiasi inisiatif warga perumahan Taman Pondok Jati menerapkan PPKM skala mikro di tempatnya. Hal tersebut menunjukkan kesadaran masyarakat yang tinggi untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Diharapkan langkah seperti ini akan menjadi contoh masyarakat lain yang ingin tempat tinggalnya bebas dari Covid-19. “Ini contoh, masyarakatnya dengan kesadaran yang tinggi ingin bebas dari Covid-19,” kata Hudiyono.

Hudiyono menambahkan, dampak PPKM skala mikro terhadap penurunan kasus Covid-19 sangat signifikan. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah pasien baru Covid-19 yang ada di rumah sakit, angkanya terus menurun.

“Dari 120 persen menurun sampai 60 persen. Untuk itu dirinya berharap masyarakat tetap kompak memerangi penyebaran Covid-19. Seperti yang dilakukan melalui kegiatan seperti ini,” imbuhnya.

Hudiyono yang akrab disapa Cak Hud ini juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Sidoarjo untuk nantinya bersedia divaksin. Sambung dia, vaksin merupakan benteng terakhir mencegah penularan Covid-19.

Namun meski begitu masyarakat tetap diwajibkan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 melalui 3M. Yakni Memakai masker, Mencuci tangan memakai sabun dan Menjaga jarak. “Meski vaksin, harus tetap menjaga 3M,” tukas Cak Hud.

Sementara itu Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji mengatakan pihaknya akan mengawal kegiatan PPKM skala mikro seperti ini. Dirinya juga mengapresiasi warga perumahan Taman Pondok Jati yang secara mandiri menerapkan PPKM skala mikro.

Menurutnya hal tersebut sangat luar biasa. Pasalnya dibutuhkan semangat dan kesabaran serta perjuangan yang berat untuk memerangi Covid-19 melalui langkah seperti ini. Dikatakannya kegiatan seperti ini merupakan menjadi bagian dari penguatan optimalisasi kampung tangguh.

Sumardji mengungkapkan saat ini tengah dilakukan penyekatan di semua titik yang menuju Kabupaten Sidoarjo. Pihaknya akan melakukan rapid test antigen kepada masyarakat luar Sidoarjo yang masuk ke Sidoarjo.

Masih menurut Sumardji, lonjakan kasus Covid-19 di saat hari liburan sangat tinggi. Oleh karena itu, dirinya bersama personel gabungan terjun langsung melakukan penyekatan-penyekatan penyekatan di titik-titik perbatasan Kabupaten Sidoarjo untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Langkah ini dilakukan juga untuk membatasi mobilisasi masyarakat,” papar dia.

Sementara itu, Ketua RW Perumahan Taman Pondok Jati, Wisnu Irawan mengatakan saat ini wilayahnya termasuk dalam zona oranye. Upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di tempatnya terus dilakukan. Sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 juga terus dilakukan kepada warganya.

Upaya nyata menekan Covid-19 dilakukan dengan penyemprotan desinfektan yang dilakukan tiap Minggu. Hari ini, rapid test antigen juga dilakukan kepada seluruh warganya. [isa/suf]

 



Apa Reaksi Anda?

Komentar