Politik Pemerintahan

Sidang Gugatan PI Blok Cepu

Pimpinan DPRD Bojonegoro Tunjuk Langsung Wakilnya

Kantor Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro di Jalan Hayamwuruk, Kelurahan Karang Pacar, Kabupaten Bojonegoro.

Bojonegoro (beriajatim.com) – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro Imam Sholikin menunjuk Wakil Ketua DPRD Bojonegoro Sukur Priyanto untuk mewakili sidang gugatan pembagian pengelolaan Participating Interest (PI) Blok Cepu yang akan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro, Selasa (25/8/2020).

“Sudah ada rapat pimpinan, dan memutuskan Pak Sukur (Wakil DPRD Bojonegoro yang akan datang dalam persidangan nanti,” ujarnya dihubungi jurnalis beritajatim.com, Senin (24/8/2020).

Pimpinan DPRD Bojonegoro merekomendasikan Sukur Priyanto untuk smendtangi sidang sebagai tergugat itu alasannya karena pada saat perjanjian PI Blok Cepu dibuat politisi Partai Demokrat itu sudah menjabat sebagai anggota DPRD. Sehingga sedikit banyak sudah paham permasalahan dalam PI Blok Cepu tersebut.

“Karena Pak Sukur dimasa itu beliau sudah menjadi anggota DPRD, sehingga sedikit banyak sudah paham tentang perjalanan PI Blok Cepu,” terangnya.

Sukur Priyanto dikonfirmasi mengaku belum menerima surat penggilan yang dilayangkan oleh Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro. Bahkan, lanjut Sukur, penunjukkan atas dirinya tersebut tidak melalui rapat bersama. Sehingga, pihaknya belum bisa memastikan akan datang dalam persidangan.

“Saya ditunjuk tapi belum melalui rapat bersama pimpinan, saya juga belum menerima surat undangannya soalnya,” jelasnya.

Sementara Direktur Utama PT Asri Darma Sejahtera (ADS) Lalu M Syahril Majidi yang juga menjadi tergugat rencananya akan datang dalam sidang kedua setelah sidang sebelumnya ditunda karena hanya satu tergugat yang datang. “Insya Allah,” ujarnya menanggapi pesan pendek yang dikirim jurnalis beritajatim.com yang menanyakan kehadirannya dalam sidang besok.

Sementara Humas Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro Isdarianto mengatakan, dalam pemanggilan sidang gugatan PI Blok Cepu yang dilayangkan kepada turut tergugat yakni DPRD Bojonegoro, diterima langsung oleh pimpinan DPRD Bojonegoro Imam Sholikin. “Petugas juru sita yang mengirimkan surat panggilan juga sempat diajak sharing,” terangnya.

Sekadar diketahui, gugatan pembagian pengelolaan PI Blok Cepu dengan penggugat mantan anggota DPRD Bojonegoro periode 2004 – 2014, Agus Susanto Rismanto menggugat BUMD yang mengelola PI Blok Cepu PT Asri Darma Sejahtera (ADS), penyandang dana dalam pengelolaan PI Blok Cepu PT Surya Energi Raya (SER), Bupati Bojonegoro dan turut tergugat, KPK RI dan DPRD Bojonegoro.

Dalam gugatan itu Agus Susanto Rismanto berharap bahwa dalam pembagian pengelolaan PI Blok Cepu sifatnya bisa dinamis. Karena, cadangan migas di Blok Cepu sekarang juga besar. Dia berharap, dalam gugatan tersebut, pihak-pihak yang terkait dala pengelolaan PI Blok Cepu bisa segera melakukan renegosiasi perjanjian dari yang sekarang Bojonegoro hanya mendapat jatah 25 persen dan PT SER 75 persen dari laba. [lus/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar