Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pilwali Surabaya 2020, Ini Hasil Survei yang Paling Dekat dengan Rekapitulasi KPU

Surabaya (beritajatim.com) – KPU telah merampungkan rekapitulasi Pilwali Surabaya 2020. Hasilnya, pasangan Eri-Armuji unggul meraih 56.94 persen suara sedangkan Machfud Arifin-Mujiaman mengantongi 43.06 persen.

Dibandingkan hasil hitung cepat yang dikeluarkan oleh beberapa lembaga survei, bagaimana hasilnya? Populi Center mengumumkan hasil hitung cepat mereka dengan perbandingan 56.51 dan 43.49 persen, Charta Politika 56.28 dan 43.72 persen, Poltracking 57.41 dan 42.59 persen, serta SSC 57.34 dab. 42.66 persen.

Jika dihitung, SSC disimpulkan memiliki hasil presisi dengan selisih 0.40 apabila dibandingkan dengan lembaga survei lainnya.

Menanggapi hasil itu, peneliti senior SSC Surokin Abdussalam mengatakan jika pihaknya merasa terhormat. “Sebagai lembaga survei lokal satu-satunya yang terdaftar di KPU Surabaya, kami merasa bangga dan terhormat bisa ikut mengawal gelaran pilkada kali ini,” kata Rokim.

“Kami juga tercatat sebagai lembaga quick count yang tercepat. Bisa memenuhi ekspektasi dan rasa ingin tahu masyarakat Surabaya akan hasil pilkada lebih cepat dengan berkolabirasi dengan tv dan media lokal, termasuk beritajatim.com, itu suatu kehormatan dan kebanggaan,” tambah Rokim.

Pria yang juga Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura ini membandingkan dengan hasil surve, yang mereka rilis di bulan November. “Apalagi survei kami di bulan november juga tercatat paling presisi terkait prediksi hasil hanya terpaut 0.2 persen saja dengan hasil real KPU, tentu ini menambah kepercayaan kami ke depannya,” bebernya.

“Bahwa lembaga survei lokal itu tak kalah bereputable seperti lembaga survei di Jakarta. Bahkan bisa jadi kami lebih punya keunggulan karena lebih dekat (proximity) dan memahami konteks pilkada lebih komprehensif. Saya berharap publik terus bs mendukung eksistensi kami guna mengawal berbagai gelaran kontes politik di Jawa Timur,” pungkas Rokim. [ifw/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar