Politik Pemerintahan

Pilkades Serentak, Pemkab Tuban Siapkan Anggaran Rp 9,4 M

Tuban (beritajatim.com) – Ratusan Kepala Desa (Kades) yang ada di wilayah Kabupaten Tuban akan habis masa jabatannya pada tahun 2019 ini dan akan di lakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak pada tahun ini juga, Kamis (28/2/2019).

Dengan adanya pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Tuban telah melakukan berbagai persiapan. Diantaranya Pemkab Tuban telah menyiapkan anggaran guna pelaksanaan Pilkades yang akan berlangsung pada 10 Juli 2019 mendatang.

Data yang dihimpun beritajatim.com, dari sebanyak 311 desa yang ada di 20 kecamatan di Tuban, terdapat 274 desa yang akan melakukan Pilkades serentak tahun ini. Pemkab Tuban telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 9,4 miliar.

“Anggaran kita siapkan dari dana ABPD Tuban untuk Pilkades serentak tahun ini,” terang Mahmudi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Keluarga Berencana (Dispemas-KB) Tuban.

Dalam acuan ketentuannya, anggaran Pilkades itu memang bisa menggunakan anggaran dari APBD dan juga APBDes. Adapun untuk besaran anggaran dari masing-masing desa yang melaksanakan Pilkades itu disesuaikan dengan jumlah penduduknya masing-masing.

“Berapa besaran anggaran APBDes untuk pelaksanaan Pilkades serentak ini disesuaikan dengan kemampuan masing-masing desa,” tambah Mahmudi.

Berdasarkan regulasinya, dana yang bersumber dari APBDes diperbolehkan untuk kegiatan rapat, sosialisasi dan konsumsi panitia ketika pemungutan suara. Sedangkan untuk dana yang bersumber APBD yang jumlahnya sekitar Rp 9,4 miliar itu adalah untuk pengadaan surat suara, ATK, kotak suara dan honor panitia.

“Kalau untuk pendaftaran calon kepala desa itu gratis,” terang Mahmudi.

Sementara itu, untuk saat ini tahapan pelaksanaan Pilkades serentak sudah selesai melakukan pembentukan pantia yang kemudian lanjutkan dengan penyusunan biaya masing-masing desa. Sedangkan, tahap pendaftaran akan dimulai pada Bulan Maret 2019 ini.[mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar