Politik Pemerintahan

Pilkades Serentak di Bangkalan Rampung, 74 Persen Dikuasai Petahana

Salah satu Kepala Desa Pengganti Antar Waktu saat dilantik.

Bangkalan (beritajatim.com) – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bangkalan, telah rampung digelar 2 Mei 2021 lalu. Hasilnya, sebanyak 74 persen kursi Kepala Desa (Kades) masih dikuasai oleh petahana.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bangkalan, Ahmad Ahadiyan Hamid mengatakan, dari 117 desa yang melaksanakan Pilkades, sebanyak 86 desa dimenangkan oleh petahana. “Sisanya 31 desa diduduki oleh Kades baru,” jelasnya, Kamis (27/5/2021).

Meski begitu, ia menyebut tak sedikit petahana yang sudah terpilih dalam tiga periode, saat pemilihan mencalonkan puteranya untuk melenggang di bursa Pilkades.

Ia mengatakan, setelah pemilihan tersebut rampung dan pemenang Pilkades sudah ditentukan, maka akan dilakukan pelantikan yang rencananya akan dilakukan 8 Juli 2021 mendatang. “Kita menunggu masa jabatan Kades yang sebelumnya berakhir, baru nanti Kades terpilih dilantik,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan, seluruh permasalahan yang timbul saat Pilkades, saat ini sudah selesai. Sehingga, pelaksanaan pemilihan, penghitungan dan penentuan Kades terpilih berjalan lancar.[sar/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar