Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pilkades Pamekasan, 3.685 Personel Gabungan Diterjunkan di 74 Desa

Suasana pelepasan personil pengamanan Pilkades Serentak di Stadion Gelora Madura Rato Pamelingan Pamekasan, Jum'at (22/4/2022). [Gambar: beritajatim.com]

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 3.685 personel gabungan lintas sektor, disiagakan dan diterjunkan guna mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkases) Pamekasan, yang akan digelar serentak pada Sabtu (23/4/2022) besok.

Jumlah tersebut merupakan personil gabungan dari unsur TNI-Polri, serta Linmas di kabupaten Pamekasan. Mereka nantinya akan disebar di sebanyak 602 Tempat Pemungutan Suara (TPS) berbeda yang akan menggelar pesta demokrasi tingkat desa.

“Personil gabungan ini nantinya akan disebar di 602 TPS berbeda di 74 desa yang tersebar di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Rogib Triyanto melalui Kasubbag Humas Polres Pamekasan, AKP Nining Dyah, Jum’at (22/4/2022).

Dari total personil yang terlibat dalam pengamanan Pilkades Serentak di Pamekasan, meliputi sebanyak 1.879 personil Polres Pamekasan, sebanyak 602 personil Kodim 0826 Pamekasan, serta sebanyak 1.204 personil dari unsur Linmas.

“Pada tiap TPS, nantinya akan diisi tiga personil dari unsur Polisi, satu personil TNI dan dua personil Linmas. Mereka diterjunkan mulai tadi pagi usai apel pasukan di Stadion Gelora Madura Rato Pamelingan Pamekasan,” ungkap AKP Nining Dyah.

Namun dari total 74 desa yang menggelar pilkades serentak, pihaknya juga melakukan penambahan personil di dua desa berbeda sebagai langkah antisipatif, yakni di Desa Bujur Barat, Kecamatan Batumarmar, serta Desa Taruban, Kecamatan Tlanakan.

“Khusus dua desa ini (Bujur Barat dan Taraban), kami melakukan penambahan pasukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena dua desa ini sempat terjadi konflik dan dinilai sebagai desa rawan untuk pelaksanaan Pilkades Serentak,” jelasnya.

Sebelumnya Polres Pamekasan juga sudah melakukan Rapat Koordinasi lintas sektor, sekaligus simulasi pengamanan Pilkades Serentak 2022 di Gedung Bhayangkara, Kompleks Mapolres Pamekasan, Jl Stadion 81, Kamis (21/4/2022) kemarin.

Kegiatan dengan sandi Operasi Mantap Praja Ronggosukowati 2022, dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat alias kamtibmas, khususnya selama pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa. [pin/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar