Politik Pemerintahan

Pilkada Sumenep, Polres Siagakan Helikopter dan Kapal

Sumenep (beritajatim.com) – Kondisi geografis Kabupaten Sumenep yang terdiri dari wilayah kepulauan dan daratan, dinilai punya kerawanan dalam pendistribusian logistik Pilkada 2020.

“Biasanya pada bulan Desember itu kondisi cuaca laut lumayan ekstrem. Ombak tinggi dan angin kencang. Kondisi itu bisa menghambat distribusi logistik Pilkada,” kata Kapolres Sumenep, AKBP Darman, Minggu (9/8/2020).

Karena itu, lanjut Darman, pihaknya merasa perlu melakukan langkah antisipatif, yakni dengan meminjam helikopter untuk mengangkut logistik Pilkada. “Jadi nanti di polres akan disiagakan helikopter milik Mabes Polri. Selain itu juga ada satu kapal untuk mem-back up pendistribusian logistik ke wilayah kepulauan apabila ada kendala,” terangnya.

Kabupaten Sumenep mempunyai 126 pulau. 48 diantaranya merupakan pulau berpenghuni. Secara administratif, Kabupaten Sumenep terdiri dari 27 kecamatan. 9 diantaranya merupakan kecamatan kepulauan. “Untuk pergeseran pasukan pengamanan pelaksanaan Pilkada akan disiagakan kapal dari Satpol Air,” ujar Darman.

Ia menjelaskan, untuk distribusi logistik Pilkada, dijadwalkan pada H-2 telah berada di lokasi. Khusus untuk kepulauan jauh seperti Pulau Masalembu, distribusi akan dilakukan lebih awal.

“Kami terus berkoordinasi dengan KPU, untuk teknis pendistribusian logistik terutama kotak suara. Kalau memang harus didistribusikan dengan helikopter karena cuaca buruk dan tidak ada kapal, maka kami berharap kotak suara itu dilipat agar bisa terangkut semua, meski di aturan KPU, kotak suara didistribusikan dalam bentuk kotak,” paparnya. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar