Politik Pemerintahan

Pilkada Sidoarjo, BHS Sudah Kantongi 4 Partai, Apa Kabar Rekom Gerindra?

Bambang Haryo Soekartono (BHS dapat rekom dari Partai Demokrat yang diserahkan langsung Agus Harimurti Yudhoyono.

Surabaya (beritajatim.com) – Dukungan partai politik kepada Bambang Haryo Soekartono (BHS) dan M Taufiqulbar sebagai Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sidoarjo terus mengalir seiring dengan melejitnya elektabilitas pasangan tersebut.

Hingga saat ini, BHS-Taufiqulbar sudah mengantongi rekomendasi dari empat parpol yang menguasai 11 kursi di DPRD Kabupaten Sidoarjo, yakni Golkar (4 kursi), PKS (4 kursi), Demokrat (2 kursi) dan PPP (1 kursi).

Dengan begitu, BHS-Taufiqulbar sudah memenuhi syarat untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum yang akan dibuka Jumat (4/9/2020). Gabungan empat partai tersebut telah memenuhi kuota minimal sesuai dengan ketentuan KPU, yaitu 10 kursi di parlemen.

Selain empat parpol itu, BHS berpotensi memperoleh rekom dari Partai Gerindra karena dia merupakan politisi dari partai besutan Prabowo Subianto itu. Dengan popularitas dan elektabilitas yang terus melejit, menjadi pertanyaan apabila Gerindra tidak menjatuhkan dukungan kepada kader potensialnya sendiri. Tetapi, hingga saat ini rekom Gerindra belum diputuskan.

Berdasarkan survei Republik Institute (13-19 Agustus 2020), elektabilitas BHS telah mencapai 26,20 persen atau tertinggi dibandingkan dengan nama-nama lain.

Sementara, survei Accurate Research and Consulting (ARC) Indonesia mengungkapkan popularitas BHS mencapai 59,15 persen atau tertinggi kedua Achmad Amir Aslichin (Mas Iin), namun elektabilitasnya tetap yang tertinggi yakni 33,58 persen.

Poularitas Taufiqulbar juga cukup tinggi yakni 15,79 persen, bahkan yang bersangkutan sempat mendapat surat tugas dari PAN sebagai calon Bupati Sidoarjo.

Keempat parpol yang telah mengeluarkan rekom untuk BHS-Taufiqulbar menilai pasangan ini pilihan yang tepat karena memiliki rekam jejak, pengalaman, dan kapabilitas yang mumpuni sehingga siap membawa Kabupaten Sidoarjo menjadi lebih maju dan sejahtera.

Politisi Bambang haryo mendapat Rekom dari Partai Keadilan Sejahtera

Surat rekom dari DPP Demokrat diberikan langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta pada Selasa (1/9/2020). Adapun PKS dan Golkar sudah jauh hari memberikan rekom kepada BHS.

Menurut Muhamat Guntur Budiawan, pemerhati politik dan praktisi media di Jawa Timur, pasangan BHS-Taufiqulbar merupakan paket lengkap bagi Sidoarjo karena memiliki kapabilitas dan kredibilitas yang tidak diragukan lagi.

“Dukungan dari empat parpol dengan basis massa yang berbeda juga menunjukkan bahwa BHS-Taufiqulbar sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati yang diterima oleh semua golongan atau nasionalis religius,” kata Guntur melalui rilisnya yang diterima beritajatim.com, Kamis (3/9/2020).

Selain pengusaha perkapalan dan properti yang sukses, BHS merupakan anggota Komisi V dan VI DPR RI dari Fraksi Gerindra periode 2014-2019 yang antara lain membidangi infrastruktur, transportasi, industri, perdagangan, BUMN, UMKM dan Desa.

“Salah satu permasalahan Sidoarjo adalah infrastruktur. Sebagai insinyur teknologi kelautan, BHS sangat memahami bidang ini karena merupakan praktisi dan pakar transportasi logistik,” ujarnya.

Sementara itu, Taufiqulbar pernah menjabat Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo periode 2014-2019, yang membidangi tata pemerintahan. Dia merupakan lulusan S2 Administrasi Negara sehingga jabatan itu sangat sesuai dengan kompetensinya.

Seperti juga BHS, Taufiqulbar merupakan alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. “Dia merupakan lulusan Teknik Geofisika ITS, sehingga mampu menangani masalah geologi Lumpur Lapindo di Sidoarjo,” paparnya.

Guntur menilai BHS memilih Taufiqulbar sudah berdasarkan hasil survei, data, dan kompetensi, juga mempertimbangkan basis massanya yang cukup besar karena orangtua Taufiqulbar adalah tokoh pendiri Nahdlatul Ulama di Sidoarjo.

“Taufiqulbar juga memahami kultur Muhammadiyah, sehingga mampu menjembatani NU dengan Muhammadiyah dan sebaliknya. Pasangan ini diharapkan bisa diterima oleh semua pihak,” tuturnya. (tok/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar