Politik Pemerintahan

Pilkada Sidoarjo 2020, Ketua Muslimat NU Jadi Rebutan Bacabup Muda

Sidoarjo (beritajatim.com) – Baliho bakal calon wakil bupati (Bacawabup) Sidoarjo 2020 Hj. Ainun Jariyah mulai menghiasi banyak titik di jalan protokol perkotaan sampai jalan pedesaan, Sabtu (8/8/2020). Sosok perempuan yang kini menjadi anggota DPRD Sidoarjo dari Fraksi PKB dan juga Ketua Muslimat NU itu menjadi rebutan para bakal calon bupati 2020 yang usianya lebih muda.

Bacabup H. Achmad Amir Aslichin (Mas Iin) dipasangkan oleh DPC PKB untuk berpasangan maju dalam Pilkada Sidoarjo 9 Desember 2020 mendatang.

Hj. Ainun Jariyah digandengkan dengan anggota DPRD Jatim dari Fraksi PKB itu karena DPC PKB menampung aspirasi suara dari Forum PAC PKB se-Sidoarjo dan Fatayat NU yang menginginkan Mas Iin gandeng dengan Ainun Jariyah. “Mas lin dan Bu Ainun pasangan cocok dan serasi. Sama-sama kader PKB yang mumpuni dan ada kecocokan dalam membangun Sidoarjo,” kata Wakil Ketua DPC PKB Sidoarjo H. Usman.

Dalam Pilkada Sidoarjo 2020, usulan dari PAC-PAC PKB ditingkat kecamatan, hampir mayoritas menghendaki cabup dan cawabup yang maju dari internal atau kader PKB sendiri. “PKB punya 16 kursi di parlemen, sudah cukup untuk mengusung calonnya sendiri. Tanpa harus berkoalisi dengan partai lain. Meski demikian PKB tidak menutup jika ada partai lain yang ingin berkoalisi dalam Pilkada 9 Desember mendatang,” tambah pria yang kini duduk sebagai Ketua DPRD Sidoarjo tersebut.

Sementara itu, bacabup H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor)yang mengklaim mendapat tugas dari DPP PKB, saat bersilaturrahmi ke Kantor Muslimat NU Kab. Sidoarjo, berkeinginan menggandeng Hj. Ainun Jariyah. “Visi dan misi Bu Ainun Jariyah dalam membangun Sidoarjo, senafas dengan saya. Saya rasa ada kecocokan untuk maju menjadi cabup dan cawabup Sidoarjo 2020,” terang Gus Muhdlor.

Terpisah, Sekretaris DPC PKB Abdillah Nasih menjelaskan, DPC PKB Sidoarjo sesuai dengan usulan Forum PAC PKB se-Sidoarjo akan mengusung calon dari internal PKB. Sebelumnya, Nasih juga mengingkapkan dalam Pilkada Sidoarjo, belum ada yang bentuk surat tugas atau lainnya dari DPP PKB. “Kalaupun ada, pasti surat atau lainnya akan melalui DPC PKB Sidoarjo,” tegasnya.

Sekilas terlihat dari desain gambar di lapangan, baliho bacawabup Sidoarjo Hj. Ainun Jariyah yang ingin berkhidmat untuk Sidoarjo, tidak beda jauh dengan desain bacabup H. Achmad Amir Aslichin (Mas Iin). Seperti ada kemiripan dalam model gambar sosok kaum hawa yang juga pendidik, merakyat dan mengayomi tersebut. (isa/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar