Politik Pemerintahan

Pilkada Serentak, KH Marzuqi Mustamar: Warga NU Pilih Pemimpin Ahlus Sunnah Wal Jamaah

Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar (Ketiga dari Kiri) saat Menghadiri Pemantapan Ke-NU-an/Ke-Aswaja-an di Ponpes Qomaruddin Bungah, Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Timur, KH Marzuqi Mustamar menegaskan menghadapi Pemilihan Kepala Daeah (Pilkada) serentak yang berlangsung 9 Desember 2020, warga Nahdlatul Ulama (NU) harus memilih pemimpin yang Ahlus Sunnah Wal Jamaah, atau Aswaja.

Penegasan ini disampaikan KH. Marzuqi Mustamar di sela-sela acara Silaturrahmi dan Pemantapan Ke-NU-an/Ke-Aswaja-an di Pondok Pesantren (Ponpes) Qomaruddin Bungah, Gresik, Sabtu (8/08/2020). “Mencari pemimpin itu, khususnya di perhelatan pilkada harus benar-benar mementingkan kemaslahatan masyarakat. Itu kalau di NU ada mekanisme dan istikharoh,” ujar KH Marzuqi Mustamar.

Ia menuturkan, alasan mengkedepankan pemimpin daerah yang Ahlus Sunnah Wal Jamaah karena ada kaitannya. Jadi siapa calon pemimpin yang paling pas. Baik itu pada saat Pilkada di Gresik, Lamongan, Jember maupun Banyuwangi. “Disamping melalui istikharoh juga diputuskan lewat musyawarah secara internal,” tuturnya.

Saat ditanya soal Pilkada Gresik banyak kader NU yang mencalonkan diri. Dikatakan KH. Marzuqi Musyamar, terkait itu dirinya mengaku belum sempat bertanya. “Soal Pilkada Gresik belum sempat saya tanyakan. Sebab, masih banyak waktu kan masih empat bulan lagi,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, pada saat pelaksanaan pilkada serentak. Dirinya, menghimbau masing-masing daerah harus saling menjaga. “Jangan sampai ada black campaign menyerang sana-sani. Apalagi sampai kafir mengkafirkan. Itu berdosa dan dilarang oleh agama,” imbuhnya.

Seperti diketahui, dua pasangan calon (Paslon) di Pilkada Gresik 2020. Yakni, Cabup H.Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) dan Cawabup Hj. Aminatun Habibah (Bu Min). Bakal bertarung dengan Cabup M.Qosim dan Cawabup dr Asluchul Alief. Kedua paslon itu, sama-sama berangkat dari kader NU. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar