Politik Pemerintahan

Pilkada Ponorogo Saat Pandemi, Ini Tahapan-tahapannya

Ponorogo (beritajatim.com) – KPU Pusat sudah menerbitkan PKPU nomor 5 tahun 2020 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Peraturan itu yang menjadi acuan dari KPU Ponorogo dalam melaksanakan kembali tahapan-tahapan Pilkada di bumi reyog.

“PKPU nomor 5 tahun 2020 ini menjadi acuan kami dalam melanjutkan lagi tahapan-tahapan Pilkada yang awal-awal pandemi Covid-19 sempat terhenti,” kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Ponorogo Arwan Hamidi, Jumat (26/6/2020).

Dalam peraturan itu tahapan dan jadwal sudah ditetapkan. Memang ada sejumlah perubahan jadwal menyesuaikan situasi pandemi. Namun Arwan menilai hanya mundur waktunya, sedang durasi waktu di setiap tahapan tidak berubah. Pengumuman pendaftaran pasangan calon dijadwalkan mulai 28 Agustus hingga 3 September. Sedangkan pendaftaran dilaksanakan pada 4 September hingga 6 September.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Ponorogo Arwan Hamidi

“Kemudian kami melaksanakan verifikasi, pemeriksaan kesehatan dan membuka penyampaian tanggapan dan masukan dari masyarakat,” katanya.

Pada tanggal 23 September dilakukan penetapan pasangan calon. Baru keesokan harinya atau tanggal 24 September dilakukan pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon. Masa kampanye dilaksanakan pada 26 September hingga 5 Desember.

Pola kampanye nantinya, kata Arwan harus disesuaikan dengan situasi pandemi. Sebab, untuk meminimalisir penularan Covid-19. Namun, pihaknya juga akan tetap menggenjot partisipasi pemilih. Dia berharap media massa bisa berperan penting dalam mendukung pelaksanaan kampanye. Sehingga endingnya bisa menaikkan angka partisipasi pemilih.

“Tanggal 9 Desember pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Meski situasi pandemi, kami akan berusaha untuk menggenjot partisipasi publik dalam mensukseskan pesta demokrasi kali ini,” pungkasnya. (end/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar