Politik Pemerintahan

Pilkada, KPU Siap Gelar Pemungutan Suara Hingga ke Ruang Isolasi

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam rangka pelaksaan Pilkada di tengah pandemi, KPU RI memastikan diri siap menyelenggarakan pemilihan serentak dengan sangat detail.

Bahkan, Ketua KPU RI Arief Budiman memastikan jika pihaknya siap melakukan pemungutan suara sampai ke ruang isolasi pasien positif Covid-19. Hal itu Ia ungkapkan ketika ditemui di KPU Kota Surabaya, Sabtu (25/7/2020).

“Mereka yang melayani pasien positif Covid-19 bakal dilengkapi dengan baju hazmat. Baik yang di ruang isolasi Rumah Sakit maupun isolasi mandiri di rumah. Jadi, tidak semua petugas pemungutan suara memakai baju hazmat,” ujar Arief.

Hanya saja, Ia memastikan jika tidak semua orang bisa melakukan pemungutan suara di rumah. “Harus dilengkapi dengan dokumen kesehatan yang sah,” tegasnya.

Terkait dengan pelaksanaan kampanye, menurut Arief tidak ada perubahan regulasi meski sedang di tengah pandemi. “Kampanye rapat umum dan kampanye terbuka masih diizinkan,” bebernya.

“Hanya saja, PKPU no 6 mengatur tentang pembatasan jumlah peserta. Jika di ruang tertutup, kapasitasnya hanya 40 persen dari seharusnya. Serta harus dapat rekomendasi dari lembaga terkait penanganan pandemi,” pungkas Arief. [ifw/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar