Politik Pemerintahan

Pilkada Kediri, Kolom Kosong Surat Suara Ditempeli Foto Artis Korea

Kediri (beritajatim.com) – Ada fenomena unik dalam Pilkada Kediri, 9 Desember 2020. Dimana, ada pemilih yang usil menempelkan pas foto dan potret artis Korea di surat suara. Temuan tersebut kini menjadi bahan kajian Bawaslu Kabupaten Kediri.

Foto dan potret tersebut ditempel di kotak kosong yang bersanding dengan gambar pasangan calon bupati dan wakil Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Mariya Ulfa. Sebagaimana diketahui, Pilkada Kediri diikuti pasangan calon tunggal dan bertarung dengan kolom kosong.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri Sa’idatul Umah mengatakan, pas foto yang diduga milik seorang warga itu ditemukan di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Kandangan. Sedangkan untuk yang mirip artis Korea ditemukan di salah satu TPS di Kecamatan Plemahan.

“Surat suara yang ditempel foto itu ditemukan petugas TPS saat melakukan penghitungan suara,” kata Sa’idatul Umah, Kamis (10/12/2020) pagi.

Petugas pengawas TPS mengonsultasikan temuan itu dengan Bawaslu Kabupaten Kediri. Mereka ingin memastikan keabsahan surat suara itu. Dalam kajian Bawaslu, pilihan pada surat suara pas foto dan potret dinyatakan tidak salah, karena termasuk merusak surat suara.

Temuan itu akan menjadi salah satu catatan yang dibawa ke rapat pembahasan di tingkat Bawaslu Kabupaten Kediri. Setelah rapat, Bawaslu akan menentukan tindak lanjut dari temuan tersebut. [nm/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar