Politik Pemerintahan

Pilkada Jember, PKS Dukung Hendy-Firjaun

Pasangan Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun Barlaman

Jember (beritajatim.com) – Partai Keadilan Sejahtera akan mendukung pasangan Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun Barlaman dalam pemilihan kepala daerah di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tahun ini.

Hal ini disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah PKS Jember Ahmad Rusdan, Kamis (27/8/2020). Hendy adalah pengusaha, dan Firjaun adalah anggota mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Jember.

“Secara teknis, penyerahan rekom memang belum. Tapi DPP (Dewan Pimpinan Pusat) arahnya ke Haji Hendy, berdasarkan elektabilitas, komunikasi, kapasitas, dan seterusnya. Ada beberapa item yang kami laporkan ke DPP,” kata Rusdan.

Dari beberapa survei, menurut Rusdan, elektabilitas Hendy konsisten tertinggi di bawah petahana. “Itu salah satu pertimbangan yang kami ajukan ke DPP. Peluang melawan incumbent cukup menonjol,” katanya.

DPD PKS Jember menyerahkan upaya komunikasi intensif dengan partai lain kepada DPP. Sebelumnya, DPD PKS Jember sudah menjalin komunikasi. “Namun pengambil kebijakan adalah DPP,” kata Rusdan.

Rusdan mengakui jika partai-partai tak akan mengusung pasangan calon yang sama untuk melawan petahana sebagaimana diinginkan pengurus 11 partai tingkat kabupaten. “Ini realitas politik yang harus kita terima. Partai-partai punya pandangan berbeda, itu harus kita hormati. Bahhwa kita pernah berkeinginan untuk head-to-head dengan petahana, itu sudah kita upayakan dan ikhtiarkan,” katanya.

Rusdan memilih berpikir positif terhadap munculnya lebih dari dua pasangan calon dalam pemilihan kepala daerah tahun ini. “Kalau sudah begini, semakin banyak yang melawan incumbent, peluang untuk men-down grade incumbent lebih besar. Peluang menang juga pasti ada. Semua punya sisi positif dan negatif,” katanya. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar