Politik Pemerintahan

Pilkada Jember, Mantan Wartawan TV Ini Pegang Surat Tugas Tiga Partai

Jember (beritajatim.com) – Mantan wartawan televisi yang sekarang menjadi pengusaha, Ifan Ariadna, memperoleh surat tugas pencalonan bupati Jember, Jawa Timur, dari tiga partai, yakni Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Amanat Nasional, dan Partai Perindo.

Ifan menawarkan visi kesantrian dan perbaikan tata kelola pemerintahan. “Visi kesantrian ke depan akan kami utamakan, dan saya punya beberapa program bagaimana memperbaiki tatanan kesantrian di Jember, bagaimana membangun dan mempertahankan tradisi kesantrian melalui pembangunan pesantren, pola dan sistem pendidikan pesantren di bawah naungan NU, supaya bisa tetap eksis,” kata Ifan, Jumat (3/7/2020).

Kedua, Ifan memberikan perhatian pada birokrasi. “Ini perlu dievaluasi ke depan dan harus segera dibenahi. Langkah pertama adalah bagaimana memperbaiki sistem tata kelola pemerintahan. Siapapun yang jadi bupati, selain incumbent, punya PR di tata kelola pemerintahan. Selama enam bulan pertama tidak boleh melakukan pergeseran. Di situ kami akan berikan pakta integritas kepada pejabat yang ada saat ini. Salah satunya poin target kinerja,” katanya. Setelah enam bulan akan ada evaluasi.

Ifan beralih dari wartawan menjadi saudagar pada 2012. “Tapi hati saya tetap jurnalis. Saya di Jakarta, berusaha di beberapa bidang, periklanan, alat kesehatan, dan alhamdulillah yang sekarang ini bidang sistem persenjataan,” katanya.

Empat bulan terakhir, Ifan menemui simpul-simpul masyarakat dan bertatap muka. “Ada keterbatasan Covid. Tapi saya terbantu tim dari PKB, NU, dan tim yang saya bentuk sendiri. Dari pergerakan itu, 30 hari pertama, saya sudah melakukan survei, dan mendapat (elektabilitas) empat persen. Ini artinya saya layak berkompetisi dalam pilkada di Jember,” katanya. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar