Politik Pemerintahan

Pilkada Jember, Gerindra Banting Stir, Rekomendasi Berubah

Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun Barlaman.

Jember (beritajatim.com) – Rekomendasi Partai Gerindra untuk pemilihan kepala daerah di Kabupaten Jember, Jawa Timur, berubah jelang pendaftaran calon bupati dan wakil bupati, dari duet Djoko Susanto dan Ahmad Halim ke Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun Barlaman.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Jember Moh. Satib membenarkan informasi tersebut. “Saya dapat informasi seperti itu dari partai. Tapi karena belum memegang (surat rekomendasi tersebut), saya belum berani berkomentar terlalu jauh,” katanya, Senin (31/8/2020).

Menurut Satib, perubahan rekomendasi tersebut adalah hal biasa dalam politik. “Memang saya pernah dengar dulu para bakal calon pernah berkumpul. Apabila nanti partai-partai lebih banyak berada di salah satu calon, maka calon yang lain bergabung dengan calon yang mendapat rekom (dengan jumlah kursi) paling besar,” katanya.

Satib menilai kesepakatan itu bagus. “Ini menunjukkan kepedulian bakal calon terhadap kondisi di Jember. Jadi para calon di sini mempunyai sifat negarawan sejati. Patut kita apresiasi,” katanya.

Mesin partai Gerindra sendiri bisa digerakkan sewaktu-waktu. “Meski tidak ada agenda pilkada atau pemilu, kami selalu konsolidasi, sehingga ketika ada momen-momen seperti ini tinggal menggerakkan saja,” kata Satib.

Dengan bergabungnya Gerindra, maka sudah empat partai politik yang resmi memberikan rekomendasi untuk Hendy dan Firjaun. Sebelumnya Partai Nasional Demokrat, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera sudah menyatakan kesiapan untuk mendukung duet pengusaha – ulama tersebut. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar