Politik Pemerintahan

Pilkada Jember, Dua PCNU Solid Dukung Satu Calon

Foto (dari kiri ke kanan): Ketua PCNU Jember Abdullah Syamsul Arifin, Ifan Ariadna, Ketua GP Ansor Jember Ayub Junaidi, Ketua PCNU Kencong Zainil Ghulam.

Jember (beritajatim.com) – Dua kepengurusan cabang Nadhlatul Ulama, Jember dan Kencong, solid satu suara dalam pemilihan kepala daerah Kabupaten Jember, Jawa Timur, tahun ini. Namun saat ini, kedua organisasi tersebut tengah menanti pendaftaran calon di Komisi Pemilihan Umum Jember.

“PCNU Kencong dan Jember dulu-dulunya punya pilihan sendiri. Dalam pilkada Jember 2020, insya Allah PCNU Jember dan PCNU Kencong akan satu suara mendukung salah satu calon. Kami usahakan begitu,” kata Ketua PCNU Kencong Zainil Ghulam, Senin (31/8/2020).

Ghulam mengatakan, bersatunya pilihan NU Kencong dan Jember tak lepas dari kondisi selama ini. “Kami berharap NU tidak jatuh ke lubang yang sama. Kalau bisa ada kontrak jam’iyyah dengan PCNU,” katanya.

Namun, menurut Ghulam, PCNU Kencong sampai hari ini belum memutuskan bakal mendukung siapa dalam pilkada. “Kami masih menunggu calon yang mendaftarkan diri di KPU,” katanya.

Ghulam menekankan NU tidak berpolitik. “Tapi warga NU harus punya pilihan, tidak golput, dan harus menentukan nanti siapa di antara para calon yang betul-betul bisa memperjuangkan kemaslahatan NU,” katanya.

Selama ini, menurut Ghulam, belum ada calon bupati yang memaparkan visi dan misi di hadapan PCNU Kencong. “Kami harap nanti ada visi-misi calon dipresentasikan, dan setelah ada penetapan KPU nanti akan dibicarakan di forum pengurus harian. Yang jelas NU tidak akan langsung menentukan Si A dan Si B, tapi memang warga NU harus memilih sesuai arahan yang ditentukan PCNU,” katanya. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar