Politik Pemerintahan

Pilkada Jember, Berapa Kekayaan dan Dana Kampanye 3 Pasangan Calon?

Jember (beritajatim.com) – Berapa harta kekayaan dan jumlah dana kampanye tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Jember, Jawa Timur, dalam pemilihan tahun ini? Tak ada satu pun kandidat yang membeberkan jawaban dari pertanyaan wartawan, dalam sesi konferensi pers usai rapat pleno pengundian nomor pemilihan, di Hotel Cempaka Hill, Kamis (24/9/2020) malam.

“Memang selayaknya sebagai pejabat publik harus transparan terhadap harta yang dimiliki, baik sebelum menjabat, kala menjabat, dan sesudah menjabat. Tentu saja karena saya masih menjabat, setiap tahun kami melaporkan harta kekayaan melalui LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) dan dapat diakses oleh siapapun, karena LHKPN dapat dibaca masyarakat umum,” kata Faida, calon bupati nomor urut 1.

Mengenai data dana kampanye, Faida menyatakan, itu akan diunggah oleh KPU Jember. “Tentu saja dapat diakses langsung masyarakat,” katanya.

Hendy Siswanto, calon bupati nomor urut 2, juga mempersilakan kepada siapapun untuk mengakses langsung LHKPN KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). “Silakan dibuka di sana. Harta kekayaan kami sudah kami sampaikan. Tiga minggu lalu juga sudah kami sampaikan ke media massa berapa harta kekayaan yang kami miliki,” katanya.

Sementara untuk jumlah dana kampanye, menurut Hendy, sedang berproses di KPU Jember. “Insya Allah dalam waktu dekat sudah bisa kami umumkan kepada teman-teman,” katanya.

Calon bupati nomor urut 3, Abdus Salam Alamsyah, setali tiga uang. Ia mempersilakan mengakses langsung data LHKPN KPK. “Yang jelas kami sudah melaporkan sesuai (ketentuan) LHKPN. Silakan dibuka dan diakses di sana,” katanya. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar