Politik Pemerintahan

Pilkada Jember 2020: Siasati Pandemi, Demokrat akan Kampanye Rumah ke Rumah

Reno Zulkarnaen

Jember (beritajatim.com) – Pandemi Covid-19 membuat Partai Demokrat harus mengubah pendekatan dan taktik kampanye untuk memenangkan pasangan calon bupati Hendy Siswanto dan calon wakil bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman, dalam pemilihan kepala daerah di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tahun ini.

Pandemi membuat kampanye tatap muka menjadi sangat terbatas, karena tim tak bisa mengerahkan massa dalam jumlah ribuan orang. Koordinator Daerah Pemilihan Jember- Lumajang, Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jatim Reno Zulkarnaen mengatakan, pihaknya akan melakukan kampanye dari rumah ke rumah.

“Jadi cukup melibatkan struktur pengurus anak cabang dan ranting Partai Demokrat Kabupaten Jember,” katanya, Senin (14/9/2020).

“Nah, mereka door to door ke rumah warga masyarakat untuk menyosialisasikan nama Haji Hendy dan Gus Firjaun untuk Jember yang lebih baik, yaitu Jember yang di mana kepala daerah adalah pemimpin yang mau menerima masukan dari masyarakat yang dipimpinnya. Kalau wakil rakyatnya tidak didengar, apalagi masyarakatnya,” kata Reno.

Kepatuhan terhadap larangan mengumpulkan massa banyak ini sudah diawali Demokrat, di Gelanggang Olahraga Garuda, Kabupeten Jember, kemarin. Deklarasi pemenangan oleh Demokrat akhirnya tidak dihadiri Hendy-Firjaun langsung karena ada kekhawatiran massa membludak. Reno hanya mendatangkan sejumlah pengurus anak cabang.

“Kami sudah menyampaikan kepada seluruh elemen Partai Demokrat untuk satu barisan: wis wayahe mbenahi Jember. Tagline itu akan terus kami gulirkan sampai coblosan 9 Desember 2020,” kata Reno.

Demokrat akan terus melakukan konsolidasi dengan dipimpin Tri Sandi, legislator Demokrat di DPRD Jember yang juga anak Hendy. “Dia yang akan membidangi dan membagi peran untuk Partai Demokrat ke depan,” kata Reno. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar