Politik Pemerintahan

Pilkada Gresik, Paslon QA Nomor 1 dan Paslon NIAT Nomor 2

Gresik (beritajatim.com) – Sebelum pengambilan nomor urut pasangan calon (Paslon) diawali rapat pleno terbuka yang dipimpin oleh Ketua KPU Gresik Akhmad Roni.

Ada dua paslon yang telah ditetapkan sebagai Cabup-Cawabup yakni H.Fandi Akmad Yani-Aminatun Habibah (NIAT) yang diusung enam parpol PDIP, Golkar, PPP, Nasdem, Demokrat, PAN dengan 29 kursi. Sedangkan M.Qosim-Alief (QA) yang diusung PKB dan Gerindra dengan 21 kursi.

Pengundian nomorot urut dimulai dari kedatangan pertama paslon lalu mengambil nomor urut dengan cara memutar urutan nomor berbentuk lingkaran kecil sekali memutar dengan diawasi oleh Bawaslu Gresik.

Paslon pertama yang mengambil nomor adalah Paslon NIAT. Kemudian Paslon QA. Sewaktu memutar kedua paslon sama-sama jarum jam di nomor pertama. Kemudian diulang, paslon NIAT jarum jam di nomor 10 kemudian paslon QA nomor 6. Sehingga paslon QA mengambil nomor urutan pertama.

Saat mengambil nomor urut yang dikemas dalam gulungan kertas. Paslon QA menempati urutan pertama 1. Selanjutnya, Paslon NIAT menempati urutan nomor 2.

“Berdasarkan rapat pleno terbuka paslon Cabup-Cawabup Gresik di Pilkada 2020. Nomor 1 paslon M.Qosim-Asluchul Alief (QA). Sementara paslon H.Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah (NIAT) nomor urut 2,” ujar Akhmad Roni selaku Ketua KPU Gresik, Kamis (24/09/2020).

Bagi paslon QA setelah pengundian. Nomor urut 1 adalah bersyukur kepada Allah nonor berapa pun tak ada masalah. “Tetap optimis dan Allah SWT menyukai nomor satu dimana-mana selalu juara,” ujar M.Qosim.

Sementara Paslon NIAT, nomor urut 2 adalah menjadi simbol perdamaian dalam pilkada ditengah pandemi Covid-19. “Sesuai dengan filosofi nomor urut 2 adalah dua jari dengan memaknai pilkada damai tanpa fitnah dan kebencian dan tetap optimis menyongsong perubahan Kabupaten Gresik,” pungkasnya. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar