Politik Pemerintahan

Pilkada Gresik, Cabup M Qosim Dorong Geliat UMKM di Masa Pandemi Covid-19

Calon Bupati Gresik M Qosim mengunjungi pusat oleh-oleh hasil laut dan warung seafood di Desa Asempapak, Kecamatan Sidayu Gresik.

Gresik (beritajatim.com) – Calon Bupati (Cabup) M.Qosim mendorong geliat kalangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kendati masa pandemi Covid-19 belum berakhir. Bersama anggota DPRD Fraksi PKB. M.Qosim mengunjungi pusat oleh-oleh hasil laut dan warung seafood di Desa Asempapak, Kecamatan Sidayu Gresik.

Dalam kesempatan itu, Cabup M Qosim mengapresiasi pelaku usaha UMKM yang telah dibantu oleh Diskoperindag sehingga tetap bertahan dan berkembang meski ekonomi kurang membaik.

“Kedepan kami akan membuatkan kartu nelayan bangkit. Sehingga, para nelayan di laut dan para petambak bisa mendapatkan didikan serta edukasi untuk menambah wawasan dari proses produksi hingga penjualan,” ujar M.Qosim, Sabtu (5/09/2020).

Ia menambahkan, bila perlu dibuatkan pabrik pengolahan ikan. Sehingga nelayan tidak menjual mentah, tapi bisa diolah dulu. Ini tentu membuat nilai ekonomisnya semakin meningkat.

Sementara, anggota DPRD Gresik dari PKB Muhammad Syahrul Munir menuturkan, dukungannya terhadap geliat UMKM di masa pandemi Covid-19. Pihaknya pun menjanjikan pinjaman yang mudah bagi pelaku usaha mikro-menengah.

“Salah satu yang kami dorong yakni kredit lunak dari Bank Gresik untuk pelaku UMKM,” katanya.

Munir menjelaskan, saat pandemi Covid-19 kondisi perekonomian Indonesian terkontraksi minus 5,6 persen. Angka tersebut cukup besar. Namun, lebih baik dibanding negara-megara lain yang minus di atas 10 persen.

Meliha kondisi itu, dirinya mengajak para pelaku UMKM dan umumnya kepada masyarakat untuk optimis.

“Kita tentu harus bersama-sama memperkuat jaringan UMKM agar perekonomian terus tumbuh,” pungkasnya. (dny/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar