Politik Pemerintahan

Pilkada 2020, KPK Ingatkan Masyarakat Agar Pilih Calon Berintegritas

Sumenep (beritajatim.com) – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron mengingatkan masyarakat agar dalam Pilkada memilih calon berintegritas.

“Perilaku korupsi ini salah satunya dipicu karena praktek demokrasi yang berbiaya tinggi. Karena itu aaya katakan agar masyarakat memilih calon dengan integritas tinggi. Jadi ketika duduk, dia tidak korupsi,” katanya.

Pimpinan KPK, Nurul Ghufron berada di Sumenep pada Senin (28/09/2020) menjadi pembicara dalam Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Korupsi. Sosialisasi itu digelar di Pemkab Sumenep, diikuti pimpinan OPD, ASN pada pejabat struktural sampai staf pelaksana di masing-masing OPD.

Selain itu, unit kerja di lingkungan kecamatan, UPT Puskesmas, serta asosiasi kepala desa juga mengikuti sosialisasi ini melalui daring. “Untuk para ASN harus netral dalam Pilkada. Silahkan menentukan pilihan sesuai hati nurani, tetapi tidak boleh memihak,” tandas Ghufron.

Ia memaparkan, ada tiga hal yang dilakukan KPK untuk pemberantasan korupsi, yakni penindakan agar memberi efek jera, kemudian upaya pencegahan dengan menjaga sistem agar penyelenggara negara tidak punya ruang gerak untuk korupsi. “Selain itu, kami juga gencarkan sosialisasi dan kampanye jauhi korupsi,” ucapnya. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar