Politik Pemerintahan

Pilih Ketua RW, Kampung Sidowayah Coblosan Ala Pilpres

Sidoarjo (beritajatim.com) – Menjelang pelaksanaan pemilu, pileg dan pilpres di tahun 2019, Kampung Sidowayah di Kelurahan Celep, Kecamatan Sidoarjo, mengawali coblosan, Minggu (13/1/2019). Namun yang dipilih, adalah Ketua RW.

Tak jauh beda dengan pemilu, pemilihan Ketua RW 05 itu juga digelar layaknya pemilihan presiden. Petugas menyediakan TPS yang menjadi wadah masyarakat untuk memilih. Selain itu petugas juga berpakaian rapi berseragam batik.

Warga juga diminta datang untuk menyumbangkan suara sejak pagi pukul 07.00 hingga pukul 13.00 siang. Usai pemungutan suara petugas juga melakukan penghitungan surat suara warga. Tak hanya itu, warga yang sudah mencoblos juga dibubuhi tanda dengan tinta.

Ketua panitia, Kuntoro Rido A, mengatakan pemungutan suara secara terbuka untuk memilih ketua RW tersebut adalah yang pertama kali dilakukan di lingkungan RW 05.

Bahkan satu bulan sebelumnya, panitia juga melakukan sosialisasi terkait mekanisme pemilihan, hingga penyampaian visi misi calon kandidat Ketua RW melalui alat peraga.

“Pemilihan secara langsung ini adalah yang pertama kali di RW 05. Kita ingin warga terlibat langsung dalam pesta demokrasi di lingkungan RW 05. Untuk itu kita gelar proses pemilihan layaknya pemilu ini, terlepas siapapun ketua RW yang terpilih,” katanya.

Ketua RW, sebut Kuntoro, adalah penyambung tangan masyarakat dengan pemerintah. Oleh sebab itu ketua RW terpilih harus sesuai keinginan masyarakat.

“Tahun ini kebetulan dari empat RT yakni RT 14, 15, 16 dan 17, masing-masing mengajukan satu calon sehingga terdapat 4 kandidat yakni Bapak Jatmiko dari RT 14, Jonni Effendi dari RT 15, Anwar Arif dari RT 16 sekaligus incumbent dan Edy Su’ud Supriyanto dari RT 17,” ujarnya kepada beritajatim.com.

Panitia Pemilihan Ketua RW 05 Kelurahan Celep foto bersama Ketua RW terpilih Anwar Arif usai coblosan.

Tak hanya pemungutan suara yang diberlakukan untuk setiap KK, panitia juga menyediakan sembako sebagai ucapan terima kasih atas partisipasi menyumbangkan suaranya. “Karena antusias warga yang sangat tinggi, kita ingin mengucapkan terima kasih dengan menyediakan sembako berupa gula bagi yang sudah memberikan suaranya. Karena dari 579 KK yang terdaftar, 433 KK hadir ke TPS. Itu artinya hampir 80 persen warga RW 05 peduli dengan lingkungannya sehingga memberikan hak suara secara langsung,” tambahnya.

Setelah dilakukan pemilihan dan penghitungan secara terbuka, akhirnya Anwar Arif terpilih kembali menjadi Ketua RW 05 di Kelurahan Celep untuk periode 2019-2021. Anwar Arif memperoleh 193 suara, bersaing ketat dengan kandidat nomor urut 4, Edy Su’ud Supriyanto yang mendulang 186 suara. Sementara Sujatmiko dan Jonni Effendi, meraih masing-masing 40 dan 12 suara.

Sementara dalam proses pemilihan yang juga dihadiri Bhabinkamtibnas dan Babinsa itu, Kepala Kelurahan Celep, Sayudi mengungkapkan rasa bangga dan salut kepada warga RW 05 bisa menggelar pemilihan ketua RW secara langsung dan terbuka. Bahkan, Sayudi berharap proses tersebut bisa dijadikan contoh bagi RW lainnya yang berada di lingkungan Kelurahan Celep.

“Intinya Pak Lurah merasa bangga dan salut dengan RW 05, karena dengan pemilihan secara langsung, artinya proses demokrasi di RW 05 berjalan dengan baik. Semoga bisa jadi contoh RW-RW yang lain. Apalagi, tahun 2019 akan menghadapi pemilu dan pilpres, ini juga bisa jadi persiapan,” kata Sekretaris Kelurahan, Hadi Firmansah Arkiang, meneruskan pesan Sayudi saat meninjau ke TPS. (kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar