Politik Pemerintahan

Pilbup Mojokerto, AKD Kabupaten Mojokerto Dihimbau Netral

Ketua Umum AKD Kabupaten Mojokerto, Supoyo SH.

Mojokerto (beritajatim.com) – Dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati Mojokerto (Pilbup) Mojokerto, 9 Desember mendatang, Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Mojokerto dihimbau tidak terlibat dalam politik praktis sebagaiman yang diatur dalam peraturan Menteri Dalam Negeri. Seperti yang disampaikan Ketua Umum Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Mojokerto, Supoyo SH.

“Saya sarankan kepada anggota AKD untuk netral dalam penyelenggaraan Pilbup Mojokerto, 9 Desember mendatang. Dalam setiap kegiatan AKD yang dihadiri Kepala Desa di Kabupaten Mojokerto, kami selalu sampaikan agar para Kepala Desa agar netral,” ungkapnya, Rabu (14/10/2020).

Masih kata Kepala Desa (Kades) Petak di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto ini, jika pribadi tidak masalah. Namun diminta agar tidak membawa nama Kepala Desa atau AKD Kabupaten Mojokerto. Dikhawatirkan ada sanksi karena ada pasal yang mengatur terkait bagi Kepala Desa yang terlibat berpolitik praktis.

“Kalau masalah pribadi tidak masalah tapi jangan nama AKD, jangan atas nama Kepala Desa. Siapapun nantinya yang menjadi Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto, akan kita dukung karena kita menginginkan Kabupaten Mojokerto lebih baik, adil, makmur dan sejahtera,” katanya.

Sanksi bagi Kepala Desa yang terlibat berpolitik praktis sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Menteri Negeri Nomor 273/3772/JS/ tertanggal 11 Oktober 2016 sebagai penegasan Pasal 70 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perppu Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Daerah.

“Kepada seluruh Kepala Desa se- Kabupaten Mojokerto sebab apabila situasi Pilkada ditemukan dan indikasi Kepala Desa terlibat politik praktis maka jelas akan dikenakan pidana. Sebagaimana yang diatur dalam Pasal 72 penjara pidana paling sedikit 1 bulan dan denda paling sedikit Rp600 rupiah atau paling banyak Rp6 juta,” jelasnya. [tin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar