Politik Pemerintahan

Petani Dihantui Hama Tikus dan Ulat Grayak, Pemkab Kediri Beri Bantuan Obat

Kediri (beritajatim.com) – Selain penyakit blas yang menyerang tanaman padi, petani di Kabupaten Kediri juga dihantui oleh serangan hama tikus serta ulat grayak. Populasi tikus semakin banyak serta hama ulat blas dengan spesies baru sulit untuk diatasi.

Menanggapi persoalan tersebut Pemerintah Kabupaten Kediri intens memberikan bantuan agar hama dan penyakit tidak semakin mewabah. “Untuk pencegahannya dan pembasmiannya menggunakan obat yang berbeda dan saat ini tengah didatangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri dan segera diberikan kepada petani terdampak,” kata Tri Retnani Yeni Astuti, Kabid Pengelolahan Pangan Dipertabun Kabupaten Kediri.

Serangan hama tikus serta ulat grayak juga menjadi momok yang menakutkan bagi petani. Jika tidak segera diatasi, tanaman petani akan habis dimakan dua hama tersebut dan akhirnya gagal panen.

Pada data Dinas Pertanian dan Perkebunan setempat mencatat sebanyak 23,9 hektar tanaman petani di Kabupaten Kediri diserang oleh hama tikus. Rinciannya pada bulan Januari sebanyak 14,74 hektar dan pada bulan Februari menurun menjadi 9,55 hektar. Daerah terbanyak terkena serangan hama tikus yakni Kecamatan Ngancar dan Semen.

Sedangkan untuk serangan hama ulat grayak atau yang mempunyai nama latin sodop tera frugiperda total serangannya mencapai 38,5 hektar dan pada bulan Februari kemarin turun drastis hanya 0,5 hektar saja.

Hal tersebut membuktikan jika para petani sudah pandai untuk mengatasi serangan hama serta intensnya bantuan yang diberikan oleh pemkab kediri berupa Burung Hantu atau Tito Alba untuk mengatasi hama tikus serta pestisida alami untuk mengatasi serangan hama ulat grayak.

Untuk jenis ulat grayak ini berbeda dengan ulat grayak yang sebelumnya pernah menyerang laha pertanian petani. ulat grayak dengan spesies baru ini.

Ditambahkan Yeni, jika lahan pertanian petani terkena serangan tikus serta hama ulat blas untuk segera melaporkan ke petugas PPL setempat, supaya bisa segera diatasi agar tidak sampai gagal panen. [adv kominfo/nm]





Apa Reaksi Anda?

Komentar