Politik Pemerintahan

Petahana Cuti Kampanye Pilkada, Wabup Ponorogo Bakal Jadi Plt

Sekda Ponorogo Agus Purnomo (foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Majunya Bupati Ipong Muchlissoni dalam Pilkada serentak 2020, mengharuskan dirinya cuti di luar tanggungan negara. Sang petahana wajib cuti saat hari pertama dimulainya kampanye hingga tanggal 5 Desember mendatang.

Sekda Agus Pramono belum bisa memastikan siapa yang akan memegang tampuk pimpinan saat bupati petahana cuti. Sebab, juga belum tentu Wabup Soedjarno tidak tampil dalam kontestasi pilkada kali ini.

“Kalau Bapak Wabup tidak maju dalam Pilkada, ya menjadi pelaksana tugas (plt) bupati,” kata Agus, Kamis (3/9/2020).

Hal senada juga dikemukakan oleh Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otoda Pemprov Jatim Jempin Marbun, Dia masih akan melihat perkembangan politik di Ponorogo. Kalau yang maju Pilkada hanya bupati, maka wabupnyalah yang akan menjadi pelaksana tugas (plt).

“Kita lihat dulu perkembangannya, kalau yang maju bupati petahana, ya yang menjabat sebagai pelaksana tugas (plt) ya wakil bupatinya,” kata Jempin Marbun

Namun, jika dua-duanya maju, maka opsinya akan menempatkan pegawai eselon II-a dari Pemprov Jatim sebagai pejabat sementara (Pjs). Sehingga Dia menegaskan jika pihaknya saat ini masih wait and see terkait Pilkada di Ponorogo.

“Saya tegaskan sekali lagi, kalau yang maju hanya bupatinya, maka plt-nya wakil bupati. Namun, jika keduanya maju Pilkada, maka akan diisi oleh pejabat eselon II-a Pmprov untuk menjadi pjs,” pungkasnya. [end/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar