Politik Pemerintahan

Pesantren Harapan Penggerak Hidup Bersih

Pamekasan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan memberikan bantuan kendaraan roda tiga khusus pengangkut sampah kepada sejumlah pesantren di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

Pemberian bantuan kendaraan khusus sampah tersebut diberikan langsung oleh Bupati Pamekasan, Badrut Tamam bersama Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e beserta jajaran. Mereka memberikan kunci simbolis kepada perwakilan pengurus pesantren penerima bantuan di area TPA Sampah Angsanah, Kecamatan Palengaan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kami dalam memeriahkan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2020, sekaligus sebagai upaya mewujudkan Indonesia Bersih untuk Indonesia Maju,” kata Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, Jum’at (6/3/2020).

Disinggung soal bantuan kendaraan pengangkut sampah bagi pesantren, pihaknya mengungkapkan hal tersebut sangat wajar guna menggerakkan semangat terhadap kesadaran hidup bersih dan hidup sehat.

“Kami menginginkan pesantren sebagai penggerak utama dalam bidang kebersihan,” ungkapnya.

“Kami berharap pesantren dapat menjadi penggerak dalam menjaga lingkungan yang sehat dan bersih, salah satunya dengan memanfaatkan kendaraan sampah ini secara maksimal. Apalagi selama ini di pesantren sering kali kita temui tulisan ‘kebersihan sebagian dari iman’ yang dapat memotivasi santri untuk menjaga lingkungan bersih dan sehat,” imbuhnya.

Dari itu, pihaknya berharap nantinya pesantren dapat menjadi leading sector kebersihan yang akan berdampak positif bagi kebersihan di daerah yang dipimpinnya. “Pesantren harus jaga lingkungan yang indah dan bersih, sehingga kedepan tidak lagi diidentikkan dengan kumuh. Apalagi tulisan ‘kebersihan sebagian dari iman’ juga harus menjadi landasan santri untuk hidup sehat,” tegasnya.

“Saat ini terdapat sekitar 329 pesantren di kabupaten Pamekasan, dari jumlah tersebut ada sebanyak 39 pesantren di antaranya tergabung dalam Eko Pesantren. Nantinya pemerintah kabupaten akan mencoba memberikan bantuan secara bertahap untuk mewujudkan lingkungan bersih dan sehat,” pungkasnya.

Dalam kegiatan yang dikemas melalui program Jum’at Berbaur, tercatat ada enam pesantren yang mendapatkan bantuan kendaraan pengangkut sampah. Masing-masing Pesantren Al-Hamidy Banyuanyar, Darul Akhlak Toronan, Darul Ulum Banyuanyar, Mambaul Ulum Bata-Bata, Miftahul Ulum Bettet serta Sumber Bungur Pakong. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar