Politik Pemerintahan

Pesan Presiden Jokowi pada Pemilik Sertifikat Tanah Gratis

Gresik (beritajatim.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingatkan kepada pemilik sertifikat gratis agar bijak dalam menggunakan hak hukum atas tanah yang telah dibagikan.

“Jangan sampai setelah dibagikan lalu dipakai jaminan ke bank. Namun, bukan untuk modal usaha tapi malah buat kebutuhan konsumtif. Sehingga, saat tidak bisa membayar angsuran di bank sertifikatnya malah disita,” ujarnya di sela-sela pembagian sertifikat tanah di Wahana Pusponegoro (WEP) Gresik, Senin (27/01/2020).

Jokowi menambahkan, di awal tahun 2020, dirinya bersama Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR) Badan Pertanahan Nasional atau BPN membagikan sebanyak 2.020 sertifikat tanah di Jatim. Mulai dari daerah Surabaya, Gresik, Lamongan, Sidoarjo dan Bangkalan.

“Setiap tahun pemerintah terus meningkatkan jumlah penerima sertifikat tanah, untuk mendorong kepemilikan tanah yang sah kepada masyarakat,” imbuhnya.

Dua tahun lalu, lanjut Jokowi, pemerintah telah membagikan sertifikat gratis sebanyak 5 juta sertifikat tanah. Dari jumlah itu, naik lagi menjadi 7 juta sertifikat pada tahun 2018, dan tahun lalu ada 9 juta sertifikat tanah yang dibagikan ke masyarakat secara cuma-cuma.

Mantan Gubernur DKI itu juga mengatakan, awalnya ada 126 juta sertifikat tanah yang telah dikeluarkan. Namun, dari total tersebut yang dipegang masyarakat baru 46 juta sertifikat. Kekurangan itu disebabkan BPN hanya mampu membagikan 500 ribu sertifikat.

“Ironisnya masih ada 80 juta sertifikat yang belum dibagikan ke masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang hadir mendampingi Presiden Jokowi menyatakan penerima sertifikat gratis yang berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, dan Gresik berharap agar nanti bisa digunakan sebagai pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

“Jangan sampai saat dijadikan jaminan ke bank tidak sesuai ekspetasi. Sehingga, saat mengangsur malah disita bank karena tidak sanggup mengembalikan angsuran,” tandasnya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar