Politik Pemerintahan

Perumda Tirta Kanjuruhan Siap Optimalkan Potensi Sungai Lesti

Malang (beritajatim.com) – Sumber mata air di Kabupaten Malang makin tergerus kapasitasnya. Kondisi ini membuat Perumda Tirta Kanjuruhan mencari alternatif sumber air lain. Salah satunya, sungai Lesti nantinya bakal diproyeksikan atasi kekeringan di wilayah Malang Selatan.

“Mata air ini terus menurun, karena proses alam. Kedepan kami akan mengelola air Sungai Lesti di Malang Selatan dengan investor,” ungkap Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi, Rabu (19/8/2020).

Kata Syamsul, pemanfaatan air Sungai Lesti telah mendapat rekomendasi legal dari Perum Jasa Tirta. “Perencanaan pertama kami ambil 600 liter per detik,” tegas Syamsul.

Masyarakat Malang Selatan tampaknya harus sabar menghadapi kekeringan tahun ini. Pasalnya, realisasi pemanfaatan Sungai Lesti tenyata masih menunggu hasil pembahasan.

“Tahapannya masih penyusunan. Kalau pemerintah daerah dan investor setuju baru dilaksanakan lelang,” beber Syamsul.

Jika sudah jadi, air Sungai Lesti dapat dimanfaatkan warga di beberapa kecamatan wilayah Malang Selatan. Yakni Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Gedangan, Bantur, Pagak dan Kalipare

“Target kami bisa untuk 50 ribu sambungan air. Sementara kecamatan itu dulu,” ujar Syamsul.

Pemanfaatan air Sungai Lesti ini mereplikasi penerapan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
“Kapasitasnya 650 liter dari sungai lesti. Mereplikasi dari yang diterapkan di Banjarmasin metode penjernihan air sungai,” Syamsul mengakhiri. (yog/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar