Politik Pemerintahan

Perumahan Satelit Sumenep Jadi Kampung Tangguh Lawan Covid-19

Sumenep (beritajatim.com) – Perumahan Satelit, Desa Pabian, Kecamatan Kota Sumenep menjadi ‘pilot project’ sebagai kampung tangguh lawan Covid-19.

Kepala Desa Pabian, Zulfikar Ali Mustakim menjelaskan, ide kampung tangguh itu awalnya muncul dari pemerintahan desa, terkait keinginan mencegah pemyebaran Covid-19. “Perumahan Satelit dipilih menjadi kampung tangguh karena disitu banyak tempat kos dan warga pendatang,” terangnya.

Ia menjelaskan, sebagai kampung tangguh, maka di Perumahan Satelit dari 5 akses pintu masuk, ditutup menjadi hanya ‘one gate’ dengan penjagaan ketat 24 jam.

“Jadi pintu utama itu 24 jam buka tutup. Yang masuk ke Satelit harus pakai masker. Kemudian masuk ke bilik disinfektan. Disitu juga disediakan sarana cuci tangan demgan sabun dan hand sanitizer,” paparnya.

Ia menambahkan, Pemerimtahan Desa Pabian secara berkesinambungan melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat, kemudian juga pemahaman agar tidak memusuhi manusianya, tetapi virusnya.

“Di Pabian ini sekarang sudah mulai ada kesadaran, untuk warga yang datang dari luar daerah terutama zona merah, maka langsung melaporkan diri ke posko kesiapsiagaan Covid-19 di balai desa,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Zulfikar, untuk kampung tangguh di Satelit, tengah disiapkan lumbung pangan sebagai bentuk ketersediaan pangan. Sumber dananya berasal dari gotong royong warga dan donatur eksternal.

“Jadi donasinya bisa dari warga sini sendiri, bisa juga dari OPD-OPD, Forpimda, maupun pihak-pihak lain. Yang penting bisa untuk mengisi lumbung pangan di kampung tangguh,” paparnya. (tem/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar