Politik Pemerintahan

Perubahan SOTK akan Berimbas pada Penempatan Pegawai

Agus Pramono (dok. beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Perubahan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) yang efektif dilaksanakan pada awal tahun depan, tentunya berdampak kepada pegawai yang dinasnya kelak akan dilebur. Ketua badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (baperjakat) Agus Pramono mengungkapkan pihaknya saat ini tengah menggodok penataan pegawai yang akan terimbas.

”Yang penting penataan pegawai ini akan mempertimbangkan asas efektifitas dan efisiensi demi mendongkrak kinerja organisasi,” katanya, Jumat (8/11/2019).

Dari pendataan, kata Agus, ada banyak pejabat, terutama eselon III yang berposisi sebagai sekretaris, kepala bidang (kabid), hingga kepala seksi (kasi) yang membutuhkan tempat baru. Sebab ada beberapa seksi yang mirip-mirip, sehingga posisi atau jabatan yang akan hilang.

”Jadi tidak semua pegawai akan ikut dalam struktur di dinas yang baru. Maka dari itu penempatannya harus dipikirkan jauh-jauh hari,” katanya.

Namun bagi PNS yang tidak ikut dalam dinas yang baru, kata Agus tidak perlu risau. Sebab ada banyak posisi lain yang kosong di berbagai dinas. Dirinya secara khusus juga sudah meminta Badan kepegawaian pendidikan dan pelatihan daerah (BKPPD) untuk mengkaji skema terbaik mutasi pada akhir tahun nanti.

”Penempatan posisi yang baru nanti juga diprioritaskan untuk pagawai yang kinerjanya tinggi,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar