Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pertahankan Gelar Juara APW, Kota Kediri Matangkan Persiapan

Kediri (beritajatim.com) – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri bertekad mempertahankan gelar juara umum Anugerah Pewarta Warga (APW). Mewujudkan tekad itu, Diskominfo melakukan persiapan matang menghadapi kompetisi yang melombakan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari berbagai daerah di Jawa Timur ini.

Kepala Diskominfo Kota Kediri, Apip Permana, mengatakan pada 2019, Kota Kediri berhasil meraih juara di tiga kategori. Masing-masing juara 1 artikel berita, juara 2 videografi dan juara 2 video berita.

Karena itu, Apip menyatakan pihaknya berkomitmen kuat mengulang prestasi tersebut. Sehingga persiapan sematang mungkin harus dilakukan.

“Mempertahankan gelar juara jauh lebih sulit, untuk itu kami telah melakukan persiapan lebih ekstra dari tahun sebelumnya. Untuk APW tahun 2022 ini kami menggandeng para praktisi profesional di bidangnya untuk membimbing KIM Kota Kediri dari berbagai kategori lomba yang diikuti,” terang Apip, Rabu (15/6/2022).

Benar saja, Selasa malam (14/6/2022) berlokasi di studio Pawon Cinema, Kelurahan Mojoroto Kota Kediri, sejumlah KIM yang hendak mendaftar kategori video berita tengah mendapatkan pengarahan intensif dari dr. Zainal Andy, salah satu videografer berita ternama di Kota Kediri.

Tidak hanya itu, di kategori foto berita, Apip mengatakan pihaknya menggandeng Prasetyo dari LKBN Antara untuk turut memberikan bimbingan. Sedangkan pada kategori artikel berita, pihaknya mempercayakan kepada Danu Sukendro, jurnalis Indosiar untuk turut menularkan ilmu-ilmunya kepada KIM Kota Kediri.

“Jadi total ada lima kategori lomba yang rencananya akan kami ikuti dan tengah dipersiapkan, yakni video berita, videografis, artikel berita, foto berita, dan infografis dimana masing-masing kategori akan mengangkat tema utama APW 2022 yakni Optimis Jatim Bangkit”, ucapnya.

Menurut Apip, APW merupakan salah satu bentuk aktualisasi dari peran KIM di masyarakat. Menurutnya KIM sebagai ‘pewarta’ masyarakat diharapkan mampu menjalankan peran dan fungsinya untuk memberikan informasi yang valid dan bermutu.

Untuk itu, pihaknya berharap APW 2022 KIM Kota Kediri dapat kembali memboyong gelar juara.

“Setelah 2 tahun kompetisi ini tidak ada lantaran kondisi pandemic yang belum kondusif, akhirnya tahun 2022, APW bisa kembali digelar. Tentu kami berharap Kota Kediri dapat kembali memboyong berbagai gelar juara,” tutupnya.

Periode lomba dan pengiriman karya APW 2022 ini dibuka mulai 18 Juni sampai 18 Juli 2022. Sedangkan untuk penganugerahan dijadwalkan 28 Juli 2022. [nm/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar