Politik Pemerintahan

Persiapan Pilkada Serentak di Tengah Pandemi, KPU Tuban Rencana Tambah TPS

Tuban (beritajatim.com) – Guna menyesuaikan dengan kondisi Pandemi Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban telah merencenakan adanya penambahan Tempat Pemungutan Suara (TPS), Senin (22/6/2020).

Jumlah Tempat Pemugutan Suara (TPS) pada Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Tuban rencananyala untuk sementara akan ditambah sebanyak 105 TPS. Namun, penambahan jumlah tersebut belum final dan kemungkinan masih bisa bertambah melihat pemetaan yang masih terus dilakukan.

Data yang dihimpun beritajatim.com, pada pelaksanaan Pilkada Tuban 2020 ini berbagai tahapan sudah dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban. Termasuk dengan perencanaan jumlah TPS yang akan digunakan dalam pemilihan Pilkada Tuban tahun ini.

“Sebelum adanya pandemi Covid-19 ini KPU Tuban telah merencanakan jumlah TPS pada Pilkada serentak 2020 ini sebanyak 2.110 TPS,” jelas Fathul Ikhsan, selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban.

Ia menjelaskan, karena adanya pandemi Covid-19 dan di dalam aturan yang baru ada ketentuan untuk menjaga jarak serta ketentuan jika setiap TPS tidak boleh melebihi 500 pemilih. Sehingga dengan ketentuan itu rencana akan dilakukan penambahan itu jumlah TPS yang akan tersebar di beberapa desa yang memang jumlah pemilihnya banyak.

“Untuk sementara kita alokasikan penambahan sebanyak 105 TPS tapi ini belum fix. Karena pemetaan TPS fix itu sesuai dengan pemetaan dari teman-teman PPS,nberapa jumlah TPS yang dibutuhkan mengacu dengan DP4 yang diterima,” sambungnya.

Sementara itu, dengan diputuskanya Pilkada serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang, saat ini KPU Tuban juga telah kembali mengaktifkan PPK, PPS dan Sekretariat. Yang mana mereka telah mulai aktif berkerja kembali sejak 15 Juni kemarin.

“Untuk setiap tahapan demi tahapan semuanya harus menggunakan protokol kesehatan, mulai dari kegiatan KPU, PPK, PPS. Kita berharap tahapan Pilkada 2020 bisa berjalan lancar dan tetap optimal meski di tengah pandemi Covid-19,” pungkasnya.[mut/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar