Politik Pemerintahan

Persiapan Libur Nataru, Dishub Bojonegoro Siapkan Langkah Antisipasi

Bojonegoro (beritajatim.com) – Berbagai kesiapan dilakukan untuk mengantisipasi pemudik atau wisatawan selama libur perayaan natal dan tahun baru (nataru) 2020. Selama masa pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) kesiapan yang dilakukan sedikit berbeda. Salah satunya dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Dishub Kabupaten Bojonegoro Andik Sudjarwo mengatakan, kesiapan menghadapi libur natal dan tahun baru yang sudah dilakukan sesuai dengan pertemuan Forum Lalulintas di Kabupaten Bojonegoro adalah adanya kegiatan ramp check (inspeksi keselamatan berkendara), penyiagaan personil di pos pantau dan pemeriksaan serta sosialisasi kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Dari ramp check yang dilakukan untuk menjamin keselamatan penumpang, ada temuan lima kendaraan melanggar keselamatan berkendara, diantaranya tidak laik jalan, katu pengawasan trayek telah mati dan penyimpangan trayek,” ujarnya, Kamis (17/12/2020).

Andik mengaku belum bisa mengantisipasi pemudik selama nataru karena kondisinya sedang pandemi Covid-19. Namun, diperkirakan meskipun masih tetap ada yang mudik jumlahnya tidak sebanyak pada tahun-tahun sebelumnya. Bagi pemudik, Dishub juga telah menyiapkan peralatan sesuai protokol kesehatan di tempat umum, seperti tempat cuci tangan di Terminal Rajekwesi di Jalan Veteran.

Sementara ditempat terpisah, Kapolres Bojonegoro, AKBP EG Pandia juga telah melakukan beberapa kegiatan menjelang Nataru. Salah satunya pengecekan harga kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Kota Bojonegoro. Dari hasil pemeriksaan di Pasar Kota Bojonegoro, pihak kepolisian menyatakan tidak adanya lonjakan kenaikan harga jelang perayaan Natal dan pergantian Tahun Baru ini. Bahkan sejumlah harga kebutuhan pokok ada yang mengalami penurunan dan sebagian besar masih tetap stabil.

“Memang ada kenaikan di beberapa komoditas seperti telur, daging sapi sedangkan kebutuhan pokok lainnya seperti gula, daging ayam, minyak goreng, beras semuanya masih dalam kategori stabil. Pantauan harga dan ketersedian kebutuhan pokok di pasaran masih cukup stabil dan aman,” jelas Kapolres Bojonegoro.

Selain melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok, Kapolres Bojonegoro juga membagikan masker dan memberikan himbuan kepada pedagang maupun pengunjung pasar agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan.

“Para pedagang dan pengunjung pasar agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan, setiap melakukan aktifitas di luar tetap menggunakan masker, jaga jarak saat bertransaksi dan hindari kerumunan. Covid-19 masih ada disekitaran kita dan yang terkena suspect untuk saat ini masih meningkat,” pungkas Kapolres Bojonegoro. [lus/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar