Politik Pemerintahan

Perkuat KEK Singhasari, Pemprov Jatim Rencana Bangun SMK

Surabaya (beritajatim.com) – “Kita matangkan dulu beberapa opsinya, apakah SMK atau pengembangan potensi vokasi dan yang ketiga science techno park,” kata Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak.

Hal ini disampaikan Emil pada rapat koordinasi pengembangan KEK Singhasari, Jumat (9/4/2021).

Wagub Emil menjelaskan, sebenarnya untuk tempat inkubasi sudah ada. “Untuk saat ini yang ada hanya animasi dan perfilman, tetapi nantinya mungkin akan berkembang ada computing dan programming,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Wahid Wahyudi menambahkan, Pemprov Jatim sedang mengkaji rencana tersebut.

“Kami menerima banyak masukan dari Dirjen vokasi Kemendikbud RI. Kami berharap arahnya kemana grand desainnya apakah SMK baru atau SMK pengikutnya,” jelasnya.

KEK Singhasari menyambut dengan baik rencana ini.

“Kami sebenarnya menginginkan adanya lembaga pendidikan dari awal, karena kami optimistis dengan melihat potensi yang ada di Malang dan Jawa Timur nantinya dapat menjadi sekolah unggulan ke depannya,” jelasnya.

“Kami menangkap ini adalah hal yang baik dengan adanya literatur terkait sekolah dengan skema STP ini, hari ini dunia animasi dan Startup sangat kekurangan SDM karena pasca magang banyak dari siswa-siswi yang langsung diambil oleh perusahaan-perusahaan industri digital di luar Jawa Timur,” ungkapnya.

“]

Menanggapi hal itu, Wagub Emil mengatakan, akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Gubernur Jatim.

“Kami akan komunikasikan dengan Ibu Gubernur, SMK ini bisa menjadi sebuah prasyarat, tetapi bukan menjadi sebuah ujung tombak gitu,” tutur Emil.

Sebagai penutup, Emil mengajak semua elemen untuk memahami peluang dan tantangan dalam pengembangan SMK ini.

“Kalau kita bangun SMK baru mungkin itu punya challenging lebih, karena kita juga harus merencanakan akses teknologi yang dapat dimanfaatkan didalamnya,” pungkas Emil. [tok/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar