Politik Pemerintahan

Peringati Hari Besar Nasional, ASN Gresik Berpakaian Ala Petani

Gresik (beritajatim.com) – Ada yang berbeda memperingati tiga hari besar nasional yang dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN) Gresik. Bedanya, mereka mengenakan pakaian ala petani dengan membawa sayur-mayur, buah-buahan dan beraneka ragam lainnya.

Sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga membawa bakul berisi buah dan sayuran. Memang, kali ini ASN Gresik tengah memperingati beberapa perayaan yaitu, Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Hari Santri, Hari Tani, Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan.

“Sengaja kami memperingati bersamaan kali ini karena masih belum ada petunjuk tentang peringatan hari besar tersebut, baik perayaannya maupun upacaranya,” ujar Bupati Sambari Halim Radianto, Senin (26/10/2020).

Selain memperingatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang biasanya secara tradisional pada puncak acaranya di kampung-kampung pedesaan diakhiri dengan rebutan makanan. Hal ini juga terjadi di Kantor Pemkab Gresik. Berbagai buah dan sayuran menjadi obyek rebutan para ASN Pemkab Gresik usai melaksanakan apel peringatan.

“Semua yang ada di sini ini merupakan bentuk refleksi dari hasil pertanian yang ada di Kabupaten Gresik. Meski wilayah kita sebagaian besar merupakan kawasan Industri. Namun, pertanian di Kabupaten Gresik sangat menggembirakan. Ada 35 ribu hektar luas areal di Kabupaten Gresik merupakan bukti Gresik masih tetap potensi sebagai wilayah agraris,” tutur Sambari.

Berdasarkan catatan Dinas Pertanian (Distan) Gresik, luas tanam padi di Gresik sebesar 64 ribu hekter pertahun dengan produksi beras sebesar 264 ribu ton. Dia mengaku bahwa Gresik masih surplus beras setiap tahunnya.

Dia berharap, kedepan pertanian Gresik akan semakin baik dengan produksi yang terus ditingkatkan. Upaya Intensifikasi terus ditingkatkan sehingga pertanian bisa lebih mensejahterakan masyarakat.

Saat ditanta terkait libur panjang yang akan berlangsung mulai besok. Sambari mengatakan, semua ASN Pemkab Gresik agar tetap melaksanakan disiplin protocol Kesehatan dimanapun berada.

“Saya harap Anda tidak melakukan perjalanan ke wilayah yang berindikasi zona merah. Selama ini Gresik sudah menunjukkan perbaikan dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Mari kita jaga diri kita, keluarga kita dan masyarakat kita bersama agar terhindar dari Covid-19,” pungkasnya. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar