Politik Pemerintahan

Peringatan Hari Pahlawan, ASN Gresik Ringkus Jenderal Mallaby dalam Drama Kolosal

Gresik (beritajatim.com) – Hari ini seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai wujud menghormati jasa para pahlawan saat mempertahankan kemerdekaan. Sebagai bentuk menghormati jasa pahlawan, aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Gresik menggelar peringatan Hari Pahlawan dengan menggelar drama kolosal meringkus Jenderal Mallaby, Selasa (10/11/2020).

Drama kolosal yang digelar di halaman Kantor Bupati Gresik melibatkan hampir seluruh ASN. Dalam drama kolosal itu, adegan Jenderal Mallaby yang diperankan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Halomoan Sinaga. Tiba-tiba pasukan para camat datang meringkus. ‘Mallaby’ Halomoan Sinaga dan membawanya ke sudut lain.

Melihat adegan itu, Bupati Sambari Halim Radianto yang membacakan plot narasi dan spontan mengatakan, agar masyarakat tahu bahwa Mallaby sudah kalah, saya minta pasukan camat memborgolnya.

Seketika para camat membawa ‘Mallaby’ Halomoan Sinaga dalam keadaan terborgol menuju tiang bendera. Ramai-ramai para camat memborgol ke tiang bendera. “Wis tah, nuruto ben lancar ndang mari (sudahlah menurut saja, agar lancar dan cepat selesai)” celetuk salah seorang camat.

Seakan melupakan Mallaby yang diborgol di tiang bendera, Bupati Sambari melanjutkan acara dengan defile pasukan OPD. Satu persatu barisan kelompok OPD melintasi di depan kursi undangan. Mereka berpakaian ala pejuang pejuang jaman dulu. Beberapa diantaranya memakai pakaian ulama, petani dan tenaga Kesehatan tempo dulu.

“Merdeka……….!” Pekik Bupati yang diikuti oleh seluruh peserta defile. Merebut kemerdekaan bukan hal yang mudah. Tak hanya harta benda yang kita korbankan. Jiwa, raga, darah dan air mata kita berikan” urai Bupati Sambari.

Selanjutnya, Bupati Sambari meminta seluruh peserta defile untuk tetap menjaga jarak dan mematuhi protocol Kesehatan. Menurut Sambari, pada upacara kali ini sengaja pesertanya dibatasi tidak seperti pada upacara hari Pahlawan pada tahun sebelumnya. Bupati berharap untuk tetap pada aturan disiplin protocol Kesehatan.

Pada Upacara Hari Pahlawan yang berlangsung di halaman kantor Bupati Gresik ini dipimpin oleh Komandan Upacara Fransiskus Arkadeus Ruwe Ketua Pengadilan Negeri (PN) Gresik. Upacara tersebut dihadiri oleh Bupati Gresik, Anggota Forkopimda Gresik, Kepala OPD Pemkab Gresik, Para veteran dan berbagai kelompok masyarakat. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar