Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Perempuan Golkar Jatim Deklarasikan Dukungan Kebaya Warisan Budaya Dunia

Surabaya (beritajatim.com) – Deklarasi dan penandatanganan dukungan untuk Kebaya Indonesia sebagai warisan budaya dunia dilakukan oleh Perempuan Golkar Jatim di Taman Bungkul Surabaya, Minggu (4/9/2022).

Mereka mendeklarasikan dukungan untuk Kebaya Indonesia sebagai warisan budaya dunia yang diakui oleh Unesco (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) atau Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa.

Berbagai perempuan anggota perkumpulan di bawah naungan Golkar hadir untuk meramaikan deklarasi. Mereka mengenakan berbagai bentuk kebaya yang menjadi ciri khas busana nusantara.

“Mari dukung upaya pemerintah dengan membuktikan kecintaan kita kepada kebaya. Salah satu bentuk partisipasi kita adalah dengan deklarasi dukungan masyarakat kepada kebaya. Sehingga, kebaya akan lestari dan terus berkembang mewarnai khazanah busana Indonesia dan dunia,” kata Ketua Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Provinsi Jawa timur, Luluk Maqnuniah Sarmuji.

Saat ini pemerintah melalui Direktur Perlindungan Kebudayaan Ditjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek telah menyiapkan berbagai dokumen pendukung pengajuan Kebaya untuk ditetapkan sebagai warisan budaya tak berbenda yang akan diserahkan ke Unesco pada Oktober 2022 nanti.

Luluk mengakui dukungan sudah dilakukan oleh para perempuan dan masyarakat umum di berbagai daerah di tanah air. Bahkan, di Jakarta deklarasi dukungan juga dihadiri instansi, para tokoh, artis, pegiat budaya dan berbagai kalangan. Mereka mendeklarasikan Kebaya to Unesco. Karena itu, deklarasi dukungan ini juga dilakukan di berbagai kota di Jatim seperti yang sudah dilakukan di Surabaya dan mendapat sambutan antusias masyarakat umum.

“Kami dari Perempuan Partai Golkar Jatim bersatu mengadakan di Taman Bungkul Surabaya. Dan, DPD Golkar Jatim mengharapkan kepada DPC Golkar kabupaten dan kota di seluruh daerah di Jatim juga melakukan hal sama sebagai bentuk dukungan terhadap jebaya ini yang segera didaftarkan ke Unesco, Oktober nanti. Kegiatan ini diharapkan berlangsung secara kontinyu. Kebetulan momennya pas menjelang pendaftaran,” pintanya.

Di internal Golkar, diakuinya semua unsur terlibat. Khususnya para perempuan kader Golkar Jatim. “Kami bersyukur kegiatan ini direspon baik oleh masyarakat umum. Masyarakat ikut meramaikan saat kegiatan senam bersama,” pungkasnya. (tok/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev