Politik Pemerintahan

Perekrutan CPNS Dibuka, Pemohon SKCK Meningkat

Antrian pemohon SKCK di Polres Ponorogo.(foto : Endra Dwiono).

Antrian pemohon SKCK di Polres Ponorogo.(foto : Endra Dwiono).

Ponorogo (beritajatim.com) – Pasca pengumuman penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dilingkungan Pemkab Ponorogo, masyarakat yang mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Ponorogo meningkat. Pada awal pengumuman CPNS tanggal 11 November 2019 pemohon SKCK mencapai 172 orang. Sedangkan pada hari kedua pengumuman mencapai 150 orang.

“Peningkatan ini mungkin adanya pendaftaran CPNS, pendaftar melengkapi diri dengan SKCK,” kata KBO Intel Polres Ponorogo Iptu Yoyok Wijanarko, Rabu (13/11/2019).

Yoyok mengungkapkan sebenarnya peningkatan pemohon ini sudah sejak 2 minggu yang lalu. Biasanya setiap harinya ada 40 pemohon, 2 minggu itu meningkat menjadi 80 pemohon. Peningkatan itu, kata Yoyok dikarenakan banyaknya lowongan pendaftaran perangkat desa di bumi reyog. “Jadi sudah meningkat sejak 2 minggu yang lalu, namun pengumuman CPNS pemohon meningkat hingga 100 lebih pemohon,” katanya.

Meski permintaan meningkat, Yoyok menyebut tidak menambah personil. Untuk antisipasi membludaknya pemohon, pihaknya menambah ruang tunggu dan kursi. Juga didirikan tenda portabel supaya pelayanan lebih humanis. “Prosentasenya 60 persen pemohon untuk perpanjangan dan 40 persen pemohon SKCK baru,” ungkap Yoyok.

Yoyok menambahkan bagi masyarakat yang ingin mengurus SKCK itu syaratnya hanya membawa KTP dan Kartu Keluarga. Selain itu juga membawa foto ukuran 4 x 6 dengan background warna merah. Setelah itu berkas kemudian diantrikan di pos pelayanan. “Untuk pemohon baru mungkin alurnya agak lama, karena harus dilakukan perekaman sidik jari juga,” pungkasnya.(end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar