Politik Pemerintahan

Perekrutan CPNS dan CPPPK, Solusi Banyaknya Pegawai Pensiun

Kepala BKPPD Winarko Arief (foto: dok. beritajatim.com).

Ponorogo (beritajatim.com) – Rencana pemerintah pusat kembali merekrut calon PNS (CPNS) dan calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (CPPPK) menjadi angin segar bagi Pemkab Ponorogo. Pasalnya dalam satu tahun ini akan ada 500 PNS yang memasuki masa pensiun. Jadi perekrutan ini menjadi salah satu solusi jangka pendek atas permasalahan kepegawaian di lingkup Pemkab.

”Jumlah PNS yang pensiun dikisaran 500 orang. Jadi perekrutan CPNS dan CPPPK bisa jadi solusi,” kata Kepala BKPPD Winarko Arief, Rabu (25/2019).

Winarko menyebut PNS yang pensiun tersebut, banyak diantara mereka yang merupakan tenaga fungsional, disamping tenaga administrasi. Bahkan setahun terakhir, banyak pejabat setingkat eselon II-b yang pensiun. Saat ini Pemkab kembali mengusulkan sekurangnya 177 lowongan CPNS. Dengan rincian 92 tenaga pendidik, 32 tenaga kesehatan, serta 53 tenaga teknis. Sedangkan untuk rekrutmen PPPK, pihaknya mengusulkan 345 lowongan.

”Formasi itulah yang banyak ditinggal oleh PNS yang pensiun,” katanya.

Winarko optimis jika dalam perekrutan CPNS dan PPPK kali ini banyak terisi dibandingkan dengan yang sebelumnya. Sebab ada kelonggaran syarat usia pendaftar di salah satu formasi. Dia mencontohkan formasi dokter spesialis, dulu banyak yang tidak mendaftar. Karena batas usia yang disyaratkan maksimal 35 tahun. Padahal kebanyakan gelar spesialis itu bisa mengabdi selepas umur 35 tahun.

”Perekrutan yang kedua pada tahun ini, saya optimis banyak formasi yang akan terisi,” pungkasnya. [end/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar