Politik Pemerintahan

Perekaman KTP-el Pemilih Pemula di Ponorogo di Luar Target

Suasana pelayanan di Dispendukcapil Ponorogo. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Ponorogo dalam melakukan perekaman KTP elektronik (KTP-el) untuk pemilih pemula jauh dari target yang dicanangkan. Bulan September lalu, ditargetkan bisa merampungkan perekaman sekitar 7000 penduduk. Namun, hanya mencapai 60 persen atau sekitar 4.100-an orang.

“Jadi target perekaman bagi penduduk kelahiran tahun 2003 sejumlah 7000 orang, sampai bulan lalu baru mencapai 60 persen,” kata Kepala Bidang Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Dipendukcapil Ponorogo Heru Purwanto, Kamis (1/10/2020).

Sisanya 40 persen yang belum perekaman, kata Heru memperkirakan permasalahan terjadi di masing-masing penduduknya. Mengapa undangan untuk batas waktu yang ditentukan, yang bersangkutan tidak hadir dalam perekaman. Dia mengaku tidak menetahui secara persis, namun menduga yang bersangkutan sedang berada di luar Ponorogo.

“Saya contohkan di tetangga saya, yang harusnya bulan lalu melakukan perekaman, karena berada di luar kota karena mondok. Ya belum bisa ikut perekaman, apalagi yang bersangkutan juga belum pulang ke rumahnya,” katanya.

Yang belum melakukan perekaman ini, Heru menghimbau untuk cepat segera melakukan perekaman. Pihak Dispendukcapil tidak harus membuat undangan lagi, sebab undangan yang lama bisa digunakan. Dia memastikan, yang sudah melakukan perekaman, jika sudah masuk 17 tahun keatas bisa langsung dicetak KTP-nya.

“KTP-el bisa diambil yang bersangkutan di Dispendukcapil ataupun jika tidak bisa mengambil, maka akan didistribusikan ke desa melalui kecamatan masing-masing,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, adanya pesta demokrasi 5 tahunan, yakni Pilkada Ponorogo, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Ponorogo mengebut perekaman KTP elektronik (KTP-el) bagi warga bumi reyog yang tahun ini masuk usia 17 tahun. Perekaman setidaknya untuk warga yang masuk 17 tahun sebelum coblosan atau sebelum tanggal 9 Desember 2020. Dengan begitu, nantinya mereka yang baru memiliki KTP-el ini bisa berpartisipasi di event coblosan.

“Kami akan undang warga yang masuk usia 17 tahun sebelum tanggal 9 Desember untuk melakukan perekaman KTP-el,” kata Kepala Bidang Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Dipendukcapil Ponorogo Heru Purwanto.

Undangan perekaman KTP-el ini bertujuan untuk percepatan pemenuhan administrasi kependudukan (Adminduk). Tahun ini, kata Heru setidaknya ada ada 13 ribu penduduk yang masuk usia 17 tahun. Dari jumlah tersebut, baru 50 persen yang melakukan perekaman KTP-el. Sehingga kini ada sekitar 7 ribuan yang akan diundang untuk perekaman. “Mereka bisa dibilang sebagai pemilih pemula, kekurangan penduduk yang belum perekaman ini, saya akan target September ini akan selesai,” katanya.

Pemilik KTP-el ini rata-rata pelajar. Dispendukcapil dulunya bekerjasama sama dengan sekolah untuk perekaman tersebut. Namun, kendala terjadi kala pandemin Covid terjadi di Ponorogo. Sebab, banyak anak sekolah yang libur, sehingga perekaman bekerja sama dengan pihak sekolah baru berjalan 30 persen. Sehingga mengambil langkah untuk mengundang mereka untuk perekaman.

“Perekaman bisa dilakukan di kantor UPT Dispendukcapil yang berada di kecamatan yang terdekat dengan tempat domisilinya. Jadi tidak harus ke kantor kami,” pungkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar